Daerah

Pinto Jayanegara Harap Gebyar Suro PKJM Bisa Terus Dilestarikan

190
×

Pinto Jayanegara Harap Gebyar Suro PKJM Bisa Terus Dilestarikan

Share this article
Gebyar Suro PKJM
Gebyar Suro adalah acara rutin yang dilakukan dari Paguyuban Keluarga Jawa Merangin (PKJM) adalah acara yang tiap tahunnya di buat untuk memperingati masuknya tahun baru Islam

G24NEWS.TV, MERANGIN – Gebyar Suro adalah acara rutin yang dilakukan dari Paguyuban Keluarga Jawa Merangin (PKJM) adalah acara yang tiap tahunnya di buat untuk memperingati masuknya tahun baru Islam. Acara yang diselenggarakan pada Selasa (15/8/23) malam tersebut memiliki agenda menonton wayang dengan durasi semalam suntuk di Pendopo PJKM. Turut hadir pada acara tersebut Pinto Jayanegara selaku wakil ketua DPRD Provinsi Jambi. Ia mengatakan bahwa acara seperti ini adalah salah saru cara untuk memperat tali silahturahmi.

“Saya ucapkan selamat atas terselenggaranya malam gebyar satu suro ini, karna acara seperti ini banyak sekali manfaatnya salah satunya mempererat tali silahturahmi”

PKJM menampilkan dalang kondang KI Sukriasmoro Asmororaharjo dan lakon yang digelar adalah Semar Mbangun Kahyangan. PKJM juga menggelar hiburan seni budaya tradisional kuda lumping/jatilan.

Baca Juga  Angkutan Batubara di Jambi Tuai Masalah, Ini Kata Fraksi Golkar

Di samping itu, Pinto mengungkapkan rasa bangga bisa hadir di tengah-tengah keluarga besar jawa-merangin yang pada saat itu tengah berkumpul untuk silahturahmi dan mendorong acara seperti ini harus dilestarikan dan dijadikan budaya yang khas agar tetap terjaga.

“Tentu saya sangat bangga berada di acara ini dimana acara ini pun dihadiri keluarga besar jawa yang ada di kabupaten merangin ini, dan dengan semangat kekeluargaan ini pun saya mendorong agar acara seperti ini harus tetap terjaga dan diadakan tiap tahunnya sehingga menjadi budaya yang khas bagi masyarakat merangin khusus nya masyarakat jawa.” pungkasnya.

Mengundang Seluruh Warga Pecinta Wayang Kulit

Selain memperingati masuknya tahun baru Islam, Gebyar Suro juga menyambut HUT RI ke-78 di tahun ini.

Baca Juga  Golkar Dorong Pemerintah Cepat Selesaikan Proyek Jalan Tol Jambi-Betung

Sebelumnya, Ketua PKJM, Merangin Agusmanto menyampaikan, kegiatan Gebyar Suro telah direncanakan sejak lama dan mendapat sambutan positif dari warga PKJM. Ia mengundang semua warga pecinta seni dan budaya untuk hadir menyaksikan wayang kulit.

“Wayang kulit semalam suntuk dan kegiatan lainnya tidak ditujukan hanya kepada warga PKJM tapi juga kepada semua warga Merangin. Terutama mereka yang peduli dan cinta kepada seni dan budaya. Untuk itu, kami mengundang semuanya untuk hadir menyaksikan secara langsung pagelaran wayang kulit semalam suntuk,” ujar Agusmanto,

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300