HeadlineNasional

Tugas Berat dari Presiden Jokowi untuk Menpora Baru, Mampukah Dito Ariotedjo Mengembannya?

1187
×

Tugas Berat dari Presiden Jokowi untuk Menpora Baru, Mampukah Dito Ariotedjo Mengembannya?

Share this article
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menggunakan setelan jas dengan latar belakang warna merah
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. (Foto Kemenpora)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Tugas berat menanti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau akrab dipanggil Dito Ariotedjo, setelah dilantik Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo, Senin (3/4). 

Dito diangkat menjadi menpora berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 26/P Tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Presiden Jokowi memberikan tiga tugas khusus  yang perlu diprioritaskan oleh politisi muda Partai Golkar setelah menggantikan seniornya Zainudin Amali yang memilih menjadi wakil ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

“Tiga poin yang ditekankan Pak Presiden, yang pasti melanjutkan apa yang sudah dimulai dari Menpora sebelumnya Pak Zainudin Amali,” ujar Menpora Dito dalam keterangan pers, seraya menambahkan program tersebut adalah Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional. 

Infografis profil menpora Dito Ariotedjo
Infografis profil menpora Dito Ariotedjo

Presiden Jokowi menurut Menteri Dito ingin dirinya mempersiapkan atlet-atlet Indonesia menuju ajang SEA Games dan Asian Games. SEA Games tahun ini akan berlangsung di Kamboja pada 5-17 Mei,  sedangkan Asian Games akan berlangsung di Hangzhou, China pada 23 September sampai 8 Oktober. 

Menurut Dito, Presiden memberikan perintah untuk memprioritaskan persiapan secara maksimal pada cabang-cabang olahraga yang berpotensi memperoleh medali.

“Presiden ingin agar dalam SEA Games dan Asian Games kita fokus prioritaskan cabang olahraga dengan potensi memperoleh medali.  Jadi program harus efisien tetapi mendapatkan hasil medali yang terbaik,” ujar dia. 

Presiden Joko Widodo resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). Pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu jadi menteri termuda saat ini di Kabinet Presiden Jokowi.(foto:istimewa)
Presiden Joko Widodo resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). Pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu jadi menteri termuda saat ini di Kabinet Presiden Jokowi.(foto:Kemenpora)

Untuk sepakbola, Presiden Jokowi ingin menghidupkan kembali liga sepakbola antar-kampung (tarkam) untuk menggairahkan cabang olahraga ini hingga pelosok wilayah. Selain itu sepakbola juga harus digalakkan kembali di semua jenjang pendidikan. 

“Liga-liga sepakbola pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan, sekolah dan perkuliahan dan juga untuk rakyat, kita diminta menggalakkan Liga Antar-kampung,” ujar dia. 

“Ketiga, Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industri Indonesia semakin maju dan semakin established,” lanjut Dito.

Baca Juga  Soal Wacana Munaslub Golkar, Nusron Wahid: Kepentingan Segelintir Orang Saja

Presiden Jokowi juga berharap di bidang kepemudaan agar indek pembangunan pemuda naik dan diarahkan kepada entrepreneurship. “Untuk pemuda, Presiden ingin pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan profesionalisme dengan capaian Indeks Pembangunan Pemudanya naik.  “Yang pasti dikurangi adalah berat badan saya. Jadi kita mulai hari ini diet dan latihan semakin keras,” ujar dia. 

Sebagai informasi Indonesia akan menyelenggarakan tujuh event olahraga internasional. Dua di antaranya adalah tuan rumah 2023 FIBA Basketball World Cup bersama Filipina dan Jepang serta Anoc World Beach Games. 

FIBA Basketball World Cup diselenggarakan 25 Agustus sampai 10 September, sedangkan AWBG pada 5-12 Agustus 2023.

Menteri Dito juga akan mendukung upaya PSSI dalam rangka menghindari sanksi lanjutan dari FIFA setelah organisasi itu membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. 

Ditelepon Sehari Sebelum Pelantikan 

Dito adalah menteri termuda dalam kabinet presiden Jokowi. Dia lahir pada 25 September 1990, atau baru berusia 32 tahun. 

Uniknya dia ditelepon untuk menjadi Menpora pada Minggu (2/4) sedangkan pelantikan digelar Senin (3/4). Jadi praktis Dito hanya mempunyai waktu beberapa jam untuk mempersiapkan diri menghadiri pelantikan. 

Dito adalah politisi muda Partai Golkar, yang sempat memegang jabatan sebagai Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) pada 2017-2022. Suksesornya di AMPI adalah Jerry Sambuaga, yang kini menjabat sebagai wakil menteri perdagangan. 

Dito juga seorang pengusaha dan bukan orang baru di bidang olahraga. Dia adalah Ketua Dewan Penasihat Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia dan pernah menjadi chef de mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic Argentina 2018.

Dalam industri olahraga, dia berkolaborasi dengan artis cum pengusaha Raffi Ahmad menjadi chairman Rans Nusantara FC. 

Baca Juga  Dave Laksono Akui Gibran Masuk Golkar, Pengumuman Resmi Besok
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo ingin langsung tancap gas menjalankan tugasnya. Menpora Dito ingin program-program yang ada di Kemenpora berjalan sesuai harapan. (foto:bagus/kemenpora.go.id)
Menpora Dito Ariotedjo ingin langsung tancap gas menjalankan tugasnya. (foto:bagus/kemenpora)

Partai Golkar Dukung Sepenuhnya 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan langkah menunjuk Dito Ariotedjo sebagai menpora sudah tepat karena kinerjanya sangat baik. 

Menurut dia selama Dito bertugas menjadi tenaga ahli di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, performa kerjanya bagus dan dia juga salah satu kader Golkar yang menonjol.

“Tentu kan arahan Pak Presiden menghendaki Menteri Pemuda yang memang berusia muda, nah salah satu kader Partai Golkar yang selama ini juga cukup menonjol adalah Dito Ariotedjo dan itu sedang bertugas menjadi tenaga ahli di kantor saya,” kata dia.​​​​​​​

Airlangga berharap Dito dapat mengembalikan kepercayaan terhadap olahraga dan kepemudaan, dan diharapkan bisa melibatkan kelompok-kelompok di setiap level masyarakat.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Hetifah Sjaifudian mengatakan meskipun Dito baru berusia 32 tahun, dia sudah mempunyai pengalaman luas dalam berbagai organisasi hingga dunia usaha dan mampu menjadi sosok Menpora panutan. Menurut dia Dito cakap dalam soal kepemudaan dan kepimpinan. 

“Dito adalah seorang pemuda yang bisa menjadi role model banyak pemuda lain di Indonesia,” ujar Hetifah dikutip dari Kumparan. 

“Pada usianya yang masih muda, Dito sudah punya pengalaman luas di berbagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan,” ujar dia. 

Hetifah yang juga Wakil Ketua Komisi X yang membidangi olahraga mengatakan Dito mempunyai berbagai lini bisnis dari energi, pertahanan, coworking space, dan start-up.

“Kita tidak ragu dengan kemampuan Dito. Dengan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai elemen terkait, Menpora baru akan bekerja cepat dan melanjutkan hal-hal positif yang sudah dirintis Menpora sebelumnya,” tandas dia.

 

 

 

 

 

banner 325x300