HeadlineNasional

Tingkat Penerimaan Publik Tinggi, Elektabilitas Airlangga Terus Naik  

219
×

Tingkat Penerimaan Publik Tinggi, Elektabilitas Airlangga Terus Naik  

Share this article
Menteri Koordinator Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto Ekon.go.id)

G24NEWS.TV, JAKARTAAirlangga Hartarto dianggap mampu mendongkrak elektabilitas dalam waktu setahun jelang Pemilu 2024 ini karena mempunyai modal besar yaitu tingkat penerimaan yang tinggi, ujar peneliti SMRC Saidiman Ahmad. 

Saidiman mengatakan tingkat penerimaan masyarakat yang tinggi pada Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar ini, membuat tingkat popularitasnya juga naik. Dengan demikian, Airlangga potensial menaikkan elektabilitasnya jika dia dikenal lebih banyak oleh publik.

“Tingkat penerimaan publik pada Airlangga cukup baik, 70 persen dari yang kenal suka pada dia,” ujar Saidiman dalam keterangan yang diterima media.

Menurut survei SMRC, tingkat popularitas Airlangga masih pada angka 39% secara nasional hingga Desember 2022. Di sisi lain, masih banyak potensi yang bisa digunakan Airlangga dan Partai Golkar untuk meningkatkan popularitas ini.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Hadiri Peringatan Isra Mi’raj 1445 Hijriah dan Golkar Indonesia Bertadarus Al-Quran di Serpong

“Sebenarnya Golkar justru lebih banyak menarik pendukung dari menengah ke bawah. Partai ini secara tradisional lebih kuat di luar Jawa dan pedesaan,” jelas Saidiman.

 

Selain disukai, berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Penelitian Masyarakat Milenial (LPMM) menyatakan, jika pemilu dilakukan hari ini, maka kans Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk menang sangat tinggi. “Hasil survei pilihan publik yang terwakili oleh 2.078 responden terkait calon presiden harapan rakyat, jika pilpres digelar hari ini, maka nama Airlangga Hartanto dipilih sebanyak 25,8%,” ujar Koordinator LPMM Andrey Santoso.

Alasan Ketum Airlangga berada di puncak adalah dia dinilai punya peluang besar dipilih masyarakat atas kinerjanya yang telah bekerja untuk masyarakat, terutama di bidang ekonomi selama pandemi Covid-19.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat mengatakan publik menganggap Airlangga adalah sosok yang paham masalah ekonomi.  Hasil survei ini menurut dia menyatakan bahwa Airlangga adalah sosok yang dianggap mampu jadi pemimpin di 2024 karena pengalaman di bidang ekonomi. “Itu sejalan dengan pengalaman Airlangga,” ujar Cecep.

Kendati demikian, Cecep menjelaskan isu yang dihadapi dalam Pilpres 2024 tidak hanya berkutat soal ekonomi. Ada pula isu lain yang saling berkaitan, seperti reformasi birokrasi, pertahanan dan keamanan, kemiskinan, pengangguran, hubungan internasional, dan lain-lain.

 

banner 325x300