HeadlineNasional

Banyak Tokoh Daerah Gabung Partai Golkar, Elektabilitas Airlangga Hartarto Bisa Melejit

201
×

Banyak Tokoh Daerah Gabung Partai Golkar, Elektabilitas Airlangga Hartarto Bisa Melejit

Share this article
Ridwan Kamil Airlangga Hartarto Lodewijk Paulus menggunakan jaket kuning
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk F Paulus mengenakan jaket kuning pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Elektabilitas Airlangga bisa melejit.

G24NEWS.TV, JAKARTA – Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan meningkat secara meningkat signifikan setelah tokoh-tokoh penting daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo merapat ke partainya, ujar pakar komunikasi politik Emrus Sihombing. 

“Secara hipotesis iya, hal itu akan membawa efek elektoral\ Airlangga,” ujar Emrus dalam keterangan tertulis.

Emrus mencontohkan elektabilitas Airlangga Hartarto di Jawa Barat akan meningkat signifikan apabila Ridwan Kamil mengkampanyekan di basis wilayahnya tersebut. Ridwan Kamil menurut bisa menggunakan media sosialnya untuk mengungkapkan dukungan pada Airlangga. 

“Jadi kalau memang RK (Ridwan Kamil) mau membincangkan atau mengkampanyekan Airlangga capres maka pengikut (followers) yang cinta atau yang senang dan militan terhadap RK akan cenderung mengikuti pesan yang disampaikan oleh RK,” ujar dia dikutip dari Antara.

Menurut Emrus, hal serupa juga akan terjadi di Jawa Timur yang menjadi basis kekuatan Soekarwo. Soekarwo mantan birokrat yang dua kali menjabat sebagai gubernur Jawa Timur tentu masih mempunyai efek elektabilitas, terutama pada jaringannya yang tersebar luas. 

Baca Juga  Airlangga Paparkan Strategi Pemerintah Menuju Visi Indonesia Emas 2045

“Loyalis Soekarwo sudah pasti akan diikuti apa yang disampaikan Soekarwo, sehingga jabatan dua periode di sana, secara de facto saya pikir pengaruh Soekarwo masih sangat bagus karena yang bersangkutan tidak memiliki cacat politik atau hukum,” ujar dia. 

Emrus menyarankan agar Airlangga memboyong tokoh-tokoh daerah dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti gubernur dan mantan gubernur, untuk bergabung ke Partai Golkar. Hal ini menurutnya akan semakin meningkatkan elektabilitas dirinya dan Partai Golkar. 

“Saya kira inilah kejelian dari Airlangga, dia menerima tokoh-tokoh daerah, kalau boleh saran saya tokoh-tokoh daerah gubernur atau mantan gubernur seluruh Indonesia kalau boleh berada di Golkar semua,” ucapnya.

Elektabilitas Airlangga Hartarto di Jawa Timur juga Naik 

Emrus juga menyarankan agar Partai Golkar juga menggaet Gubernur Jawa Timur Timur Khofifah Indar Parawansa. Jaringan pendukung Khofifah yang sudah tiga kali mencalonkan diri sebagai gubernur adalah kekuatan tambahan yang sangat berarti bagi Partai Golkar.

Baca Juga  Ekosistem Program Prakerja Jaga Compliance dan Tata Kelola yang Baik

Apalagi, Partai Golkar merupakan salah satu dari enam partai yang mendukung Khofifah sebagai gubernur Jawa Timur berpasangan dengan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak.

“Kalau Jatim sudah ada mantan gubernur, kenapa tidak kemudian menarik Khofifah?” ucapnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap mengkampanyekan narasi-narasi Airlangga sebagai capres usai dirinya resmi menempati posisi Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

“Saya fatsun terhadap keputusan organisasi maka ke mana-mana keputusan partai terkait Pak Airlangga sebagai capres itu akan saya narasi kan,” kata Kang Emil, sapaan karib Ridwan Kamil, di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta.

Adapun, Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau Pakde Karwo sudah masuk dalam jajaran kepengurusan Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar.

banner 325x300