Daerah

Melkiades Dorong Gerakan Beli NTT

190
×

Melkiades Dorong Gerakan Beli NTT

Share this article
Melkiades Dorong Gerakan Beli NTT
Melkiades Dorong Gerakan Beli NTT

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena. mendorong Gerakan Beli NTT (Nusa Tenggara Timur) untuk mendukung kemajuan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di NTT.

Melki Laka Lena menganjurkan kepada pemerintah kabupaten, DPRD kabupaten dan pemerintah desa membuat aturan untuk setiap pesta masyarakat ataupun pesta pemerintah itu melibatkan produk UMKM minimal 20% untuk membantu pertumbuhan UMKM masyarakat.

“Pemerintah kabupaten, DPRD kabupaten/kota, pemerintah bikin perda atau perdes.  Kalau ada UMKM bertumbuh, semua pesta, acara pemerintah maupun swasta dikasih alokasi  untuk wajib membeli dari UMKM lokal. Kita buat Gerakan Beli NTT atau Gerakan Beli Manggarai Timur. Artinya semua yang dihasilkan UMKM di NTT atau di Manggarai Timur kita beli. Kita kadang beli barang impor banyak sekali dari luar karena ingin fee. Kalau ada produk dari daerah sendiri, ya kita beli,” tegas Melki.

Baca Juga  Komitmen Indonesia Akhiri TBC di 2030 di Forum PBB

Melki juga mendorong agar masyarakat yang memiliki produk dari UMKM agar mengurus  berkas perizinan sehingga produknya bisa dipasarkan seluruh Indonesia.

“Jadi bapa mama yang punya olahan produk baik makanan tradisional, minuman, obat dan kosmetik bisa langsung mengurus berkas perizinan agar produknya bisa diedarkan ke seluruh Indonesia. Di NTT ini untuk UMKM sekitar 100 ribu lebih, tetapi banyak yang belum mendapatkan izin dari BPOM. Hal ini yang membuat produk tidak bisa beredar luas untuk pasarannya. Karena tujuan dari produk harus mendapatkan izin adalah agar memperluas pasaran produk kita, agar bisa tersebar di mana saja itu aman tanpa ada halangan karena sudah ada izin,” saran Melki Laka Lena yang juga Ketua Golkar NTT ini.

Baca Juga  Legislator Melkiades Terbuka Masukan RUU Kesehatan

Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur, juga mengapresiasi kehadiran Melki Laka Lena di Manggarai Timur.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300