HeadlineNasional

Partai Golkar-PKS Sepakat Jaga Kondusifitas Bangsa Negara Jelang Pemilu 2024 

246
×

Partai Golkar-PKS Sepakat Jaga Kondusifitas Bangsa Negara Jelang Pemilu 2024 

Share this article
Wakil Ketua Umum Partai Golkar bersalaman dengan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Allhabsy
Wakil Ketua Umum Partai Golkar bersalaman dengan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Allhabsy. (Foto G24NEWS)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat untuk menjaga kondusifitas kondisi bangsa dan negara jelang Pemilu 2024 mendatang.  Pemilu menurut kedua partai ini adalah kontestasi antar-partai politik, namun peserta pemilu juga mempunyai kewajiban menjaga suasana kondusif bangsa.

“Kami ingin menjaga pematangan kehidupan berbangsa dengan menjaga sikap atau periodisasi pelaksanaan demokrasi dapat dilaksanakan secara baik,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa.

Sebelumnya sejumlah pengurus PKS berkunjung ke Kantor DPP Partai Golkar di Slipi, Jakarta. Rombongan PKS dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Habib Aboe Bakar Allhabsy. Mereka diterima oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan sejumlah pengurus.

Ketua Umum Partai Golkar menyambut kedatangan kunjungan PKS.
Ketua Umum Partai Golkar menyambut kedatangan kunjungan PKS.

Menurut Doli, pertemuan antara Golkar dan PKS ini adalah upaya untuk menguatkan kelembagaan masing-masing partai politik. “Kami saling menghargai posisi politik masing-masing. Partai Golkar untuk terbuka berdialog dengan siapa saja, tidak melihat posisi politik di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan yang sedang berjalan,” kata dia.

Baca Juga  Bawaslu Pantau Pergeseran Logistik di Sejumlah KPU Kabupaten dan Kota Papua

Partai Golkar, kata Doli, menghormati otoritas, kemandirian masing-masing partai politik, dan sikap partai politik masing-masing untuk berkompetisi pada Pemilu 2024. Tetapi, kata dia, dalam konteks kebangsaan dan bernegara harus mengutamakan kesatuan dan kebersamaan.

Aboe Bakar mengatakan kunjungan ini adalah silaturahmi, dan Partai Golkar merupakan partai senior yang sudah berumur panjang, dengan jam terbang dan pengalaman banyak. “Kami diterima dengan suasana dan obrolan yang santai,” ujar dia.

Aboe menyatakan silaturahmi kebangsaan oleh PKS akan terus berlanjut ke partai-partai politik lainnya. Dia menegaskan silaturahmi PKS membawa pesan agar suasana pemilu yang sudah terjadwal, bisa berjalan dengan baik. “Terjadwal dengan baik, jujur dan adil serta bisa mendapatkan hasil pemilihan yang terbaik,” ujar dia. 

Buka Pembicaraan Capres Cawapres dengan Partai Lain

 

Sementara soal calon presiden dan wakil presiden, menurut Doli, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih membuka peluang untuk membicarakannya dengan partai politik lain yang bukan anggota koalisi.

Tapi pada dasarnya, pasangan capres dan cawapres dari KIB akan dibicarakan antara pimpinan Partai Golkar, PAN dan PPP. Sedangkan Partai Golkar sendiri tetap bersikap mengusung Airlangga Hartarto.

“Jadi siapa saja yang ingin datang, ingin berkunjung, berdialog, kemudian membicarakan bagaimana terus membangun Indonesia di masa depan. Dengan sangat terbuka kami terima,” kata Doli.

Sebelumnya, Partai Golkar juga menerima kunjungan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Dalam pertemuan tersebut, kedua partai sepakat mengutamakan soliditas koalisi pendukung Presiden Joko Widodo untuk melalui tahun-tahun berat ke depan.

 

 

 

banner 325x300