HeadlineNasional

MUI Ajak Umat Nasrani di Indonesia Kolaborasi untuk Kebaikan

253
×

MUI Ajak Umat Nasrani di Indonesia Kolaborasi untuk Kebaikan

Share this article
MUI
MUI

G24NEWS.TV, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak umat nasrani berkolaborasi dan melakukan harmonisasi sendi-sendi kehidupan dalam perayaan Natal 2022 ini.

Wakil Ketua MUI Marsudi Syuhud mengatakan kolaborasi yang dimaksud adalah upaya saling menghormati bahkan tanpa adanya sekat perbedaan agama.

“Kolaborasi yang dimaksud adalah bagaimana kita saling menghormati bersama-sama dan melakukan sesuatu yang kita saling membutuhkannya,” ujar dia dalam sebuah keterangan di Jakarta, Sabtu (24/12).

“Sehingga kita harus melakukan sesuatu yang tidak ada sekat-sekat agama di dalamnya,” lanjut dia.

Bagi Kyai Syuhud, jika seluruh masyarakat bisa membangun negara secara bersama-sama, maka semuanya akan menjadi nyaman dan mampu menjadi bangsa yang satu.

Dia berharap seluruh rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 bisa berjalan dengan aman, nyaman bahkan tanpa adanya gangguan dari pihak manapun.

Baca Juga  Erwin Aksa: Energi Partai Golkar Tercurah untuk Pileg 2024, Tidak Ada Wacana Munaslub 

Situasi damai, aman dan terkendali ini menurut dia harus diciptakan bersama-sama diciptakan oleh semua elemen masyarakat.

Karena memang setiap warga negara memiliki hak sekaligus kewajiban untuk terus senantiasa menjaga dan menciptakan keamanan wilayah masing-masing.

“Barang siapa yang sudah sepakat untuk membangun negara secara bersama-sama dan bersatu agar kita nyaman secara bersama-sama, maka semua akan menjadi umat yang satu, bangsa yang satu,” ujar dia.

Masyarakat menurut kyai ini, harus mampu mengikuti aturan yang ada untuk bisa tetap menjaga persatuan berbangsa.  Karena jika aturan sudah diikuti, maka masyarakat akan bisa jauh lebih harmonis dan tertib serta aman.

“Bangsa ini adalah bangsa yang satu, yang diikat oleh kebersamaan, kita sudah menyatu dengan kesepakatan nasional.”

Baca Juga  Ini Kutipan RA Kartini tentang Pendidikan, Motivasi Semangat Belajar Nih

“Maka dari sini kita tinggal mengikuti aturan yang ada, harmonis adalah tertib dan mengikuti aturan. Jika semua sudah mengikuti aturan, maka bangsa ini akan aman,” ujar dia.

Agar bisa menjaga harmonisasi elemen masyarakat menurutnya adalah harus ada pemberian ruang bagi adanya dialog dan diskusi. Karena dengan adanya ruang yang sangat terbuka lebar, maka sama saja menjadikan Indonesia sebagai rumah bersama.

“Nomor dua, bagaimana kita bisa harmonis adalah harus bisa memberi ruang, adanya ruang dialog dan ruang diskusi.

“Ini sangat bermanfaat untuk Muslim sesama Muslim bahkan untuk Muslim bagi Non-Muslim, jadikan Indonesia sebagai rumah besar,” ujar dia.

 

banner 325x300