Daerah

Ketua Bawaslu Provinsi Diharap Jadi Dinamisator

145
×

Ketua Bawaslu Provinsi Diharap Jadi Dinamisator

Share this article
Ketua Bawaslu Provinsi Diharap Jadi Dinamisator
Ketua Bawaslu Provinsi Diharap Jadi Dinamisator

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan kepada seluruh Ketua Bawaslu Provinsi di Indonesia untuk menjadi dinamisator di lembaganya.

Apa yang dia maksud dengan dinamisator adalah ketua perlu menjadi jembatan antara hubungan di dalam kelembagaan, maupun di luar lembaga.

“Ketua ini yang bertanggungjawab ke dalam dan keluar. Contohnya misalkan hubungan kita dengan ‘stakeholder’ lain. Itulah yang harus dikomunikasikan ketua ke pemangku kepentingan lain. Tugas ketua adalah salah satunya dinamisator antarlembaga,” ungkapnya saat membuka kegiatan Rakornas Penguatan Kelembagaan Tingkat Bawaslu Provinsi pada, Rabu (9/8/2023) di Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga  Hasil Survei Patradata Ungkap Prabowo unggul dari Ganjar dan Anies

Bagja juga menekankan kepada ketua Bawaslu Provinsi untuk tidak menjadi katalisator. Artinya, Ketua Bawaslu Provinsi diharapkan dapat menjadi sosok yang bijaksana dalam perundingan keputusan dan tidak cepat emosi ketika perundingan tidak berjalan seperti yang diharapkan.

“Bapak/Ibu hati-hati juga, begitu ada yang marah, jangan kita ikut marah. Tetap kemudian bapak ibu harus berpikir yang paling bijak diantara yang lain. Itu ada dalam Perbawaslu nomor 3 tahun 2022,” jelas Bagja.

Baca Juga  Golkar Bengkulu, Target Kemenangan Semua Dapil

Dari sisi internal, Bagja juga meminta untuk para ketua rutin melakukan rapat pleno antarpimpinan untuk memantau program kerja yang sedang berjalan. “Rapat pleno sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dan pendayagunaan kontrol, evaluasi, proyeksi,” kata Bagja.

Ke depannya, Bagja berharap Ketua Bawaslu dapat bekerja dengan baik dan memantau pelaksanaan program yang tengah berjalan mengingat tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

 

banner 325x300