Nasional

Jusuf Kalla Dorong Masjid Ikut Sejahterakan Masyarakat  

280
×

Jusuf Kalla Dorong Masjid Ikut Sejahterakan Masyarakat  

Share this article
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla

G24NEWS.TV, PONTIANAK – Jusuf Kalla, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) meminta selain sebagai tempat ibadah juga bisa ikut membuat masyarakat di sekitarnya menjadi sejahtera. 

Para pengurus DMI, menurut Jusuf Kalla tidak hanya memakmurkan masjid tapi juga mendukung upaya menyejahterakan masyarakat, utamanya yang berada di sekitar masjid.

“Peran dewan masjid itu selain memakmurkan masjid juga harus mampu mensejahterakan jamaah dan masyarakat di sekitarnya,” kata Jusuf Kalla, Kamis (19/1) dikutip dari berbagai media. 

Baca Juga  JK Tolak Munaslub, Minta Kader Golkar Solid Hadapi Pemilu

Masjid menurut JK selain sebagai tempat melaksanakan ibadah, mestinya juga difungsikan sebagai pusat dakwah dan pembelajaran agama serta pusat pemberdayaan umat. Masjid bisa juga menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan pendidikan masyarakat. 

“Misalnya pemberdayaan ekonomi umat melalui pendirian lembaga keuangan ultra mikro syariah untuk memberikan akses modal bagi pedagang kecil.

Karena itu, masjid menurut dia musti dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk mendukung aktivitas-aktivitas tersebut.

Baca Juga  Dokter Menemukan Infeksi Bakteri pada Darah Korban Penganiayaan: Kasus Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas

Ketua DMI Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan para pengurus bisa menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al Quran serta mendirikan lembaga keuangan mikro syariah guna memudahkan pedagang kecil mendapatkan tambahan modal.

Pengurus masjid juga bisa berinovasi menyediakan fasilitas ibadah yang aman dan nyaman, memakmurkan masjid, serta memakmurkan masyarakat di sekitar lingkungan masjid.

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jusuf Kalla (@jusufkalla)

banner 325x300