Nasional

Legislator Golkar Apresiasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Bogor

46
×

Legislator Golkar Apresiasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Bogor

Share this article
Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia. Foto: DPR RI
Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia. Foto: DPR RI

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia mengapresiasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bogor yang mencapai angka seratus persen.

PTSL merupakan program unggulan pemerintah yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah secara mudah dan murah. Dimana sertifikat tanah bertujuan menghindari sengketa serta perselisihan terkait kepemilikan tanah.

“Alhamdulillah program yang menjadi andalan pemerintah yakni PTSL di Kabupaten Bogor sangat baik pelaksanaanya mencapai seratus persen, PTSL dapat berjalan optimal, dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, yang bertujuan menghindari sengketa serta perselisihan terkait kepemilikan tanah,” sebut Ahmad Doli, dalam laman resmi DPR RI, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga  Pesan Ace Hasan untuk Para Calon Jemaah Haji

Hal ini disampaikannya seusai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Ke Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (26/3/2024)

“PTSL dapat berjalan optimal, dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, yang bertujuan menghindari sengketa serta perselisihan terkait kepemilikan tanah,” tambahnya.

Ada Disinformasi

Namun disisi lain, Politisi Partai Golkar ini menyoroti program PTSL di seluruh daerah di Indonesia tidak semua berjalan baik. Terdapat kecenderungan penurunan, karena adanya disinformasi.

Sebab ada yang menyampaikan kepada masyarakat bahwa ketika tanahnya menjadi sertifikat, menjadi persoalan dengan urusan jual-beli.

“Dengan demikian saya berpesan agar Kementrian terkait segera melakukan sosialisasi yang lebih insentif lagi atas kemanfaatan yang di dapat oleh masyarakat terkait program tersebut”.

Baca Juga  Legislator Golkar Firman Soebagyo Tekankan Pentingnya Kedaulatan Pangan

“Tentunya akan berbeda akan tanah yang jelas dasar hukumnya dan yang tidak, serta nilai akan lebih baik jika bersertifikat,” jelasnya.

Komisi II DPR RI dalam hal ini juga mendorong reforma agraria dan juga retribusi yang juga bisa menjadi program-program yang diprioritaskan.

Komisi II juga baru saja menyetujui penambahan anggaran yang dimana diantaranya untuk program PTSL yang saat ini sedang digalangkan pemerintah, selama itu ada kejelasan akan penggunaannya, dan juga pertanggungjawabannya baik, Komisi II akan mendukungnya.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300