Nasional

Ini Makna Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Erat dengan Berdirinya Boedi Oetomo

255
×

Ini Makna Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Erat dengan Berdirinya Boedi Oetomo

Share this article
Hari Kebangkitan Nasional
Hari Kebangkitan Nasional

G24NEWS.TV, JAKARTA — Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini erat kaitannya dengan berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei 2908 di Batavia.

Boedi Oetomo merupakan organisasi yang didirikan dr. Soetomo dan pelajar STOVIA (School Tot Opleiding van Inlandsche Artsen), sekolah pendidikan dokter di Batavia pada zaman Hindia Belanda.

Museum Kebangkitan Nasional
Museum Kebangkitan Nasional

Dr Sutomo dan pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Boedi Oetomo dengan tujuan mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Tokoh pendiri organisasi Boedi Oetomo di antaranya R. Soetomo, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soeradji Tirtonegoro, Gondo Soewarno, Soelaiman, Angka Prodjosoedirdjo, M. Soewarno, Mohammad Saleh, dan RM.

Baca Juga  Jalan Utama Macet, Jemaah Haji Lansia Digendong Pendamping

Tujuan awal didirikannya Boedi Oetomo dalam kongres pertamanya adalah menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat. Boedi Oetomo memiliki fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Ada tiga cita-cita Boedi Oetomo bagi kebangkitan nasional yaitu memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Baca Juga  Ini Lokasi Larangan Kampanye Pemilu

Tema dan Logo Harkitnas 2023

Peringatan Harkitnas memiliki tema setiap tahunnya. Berbeda dengan tema tahun sebelumnya, tahun ini tema yang diangkat adalah”Semangat untuk Bangkit”.

Melalui tema tersebut, diharapkan bangsa Indonesia memiliki semangat dan kekuatan untuk bangkit ke arah yang lebih baik.  Berikut logo Hari Kebangkitan Nasional 2023 yang dirilis pemerintah.

 

Logo Harkitnas 115 01
Logo Harkitnas

 

banner 325x300