EkonomiNasional

Garbarata Buatan Indonesia Milik Tokoh Golkar Jusuf Kalla Kuasai Pasar Dunia

333
×

Garbarata Buatan Indonesia Milik Tokoh Golkar Jusuf Kalla Kuasai Pasar Dunia

Share this article
garbarata dibuat oleh perusahaan Indonesia milik jusuf Kalla
garbarata dibuat oleh perusahaan Indonesia milik jusuf Kalla

G24NEWS.TV, SULSEL – Garbarata atau lebih dikenal dengan tangga belalai adalah jembatan yang berdinding dan beratap dan berfungsi untuk menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat dibuat oleh perusahaan milik Jusuf Kalla.

Di dunia sendiri, produsen garbarata hanya ada 6 perusahaan. Salah satu dari keenam perusahaan tersebut adalah milik tokoh senior Golkar.

Garbarata buatan Indonesia diproduksi oleh PT Bukaka Teknik Utama yang merupakan satu-satunya produsen passenger boarding bridge di Indonesia.

“Kalau teman-teman naik pesawat melalui garbarata atau bridge pasti lihat ada logo Bukaka. Seperti kita ketahui, kalau di Indonesia tidak ada pesaingnya produksi garbarata. Jadi, Bukaka lah satu-satunya yang memproduksi garbarata,” kata Irsal Kamarudin selaku Presiden Direktur PT Bukaka.

Baca Juga  Sikap Pribadi, Erwin Aksa: Golkar Hormati Keputusan JK Dukung Anies

Bahkan hasil produksi garbarata buatan Indonesia sudah terdapat hampir di semua bandara yang ada di Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, produk Bukaka bahkan memimpin dunia pasar garbarata seperti di Myanmar, Chili, India, Thailand, Singapura, Jepang, China, Bangladesh dan Filipina hingga India.

Sebagai informasi, PT Bukaka Teknik Utama merupakan sebuah perusahaan yang didirikan mantan Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla yang akrab disapa JK.

Baca Juga  Jusuf Kalla Dorong Masjid Ikut Sejahterakan Masyarakat  

“Kemanapun bapak-bapak pergi di Indonesia ini selalu melewati jembatan Bukaka. Bahkan, di Singapura 50 persen itu garbarata Bukaka, di Bangkok, di Jepang juga banyak. Sekarang India, hampir semua bandara baru di India garbarata-nya made in Indonesia,” ungkap JK.

Selain memproduksi Garbarata, PT Bukaka Teknik Utama juga memproduksi tower listrik sejak 40 tahun lalu dan telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Artikel ini kerjasama antara G24News.TV dengan Tribun-Timur.com dan telah tayang dengan judul Garbarata Buatan Indonesia Milik Tokoh Golkar Jusuf Kalla Kuasai Pasar Dunia.

banner 325x300