Nasional

Daniel Mutaqien: Pembangunan di Indonesia Harus Merata

261
×

Daniel Mutaqien: Pembangunan di Indonesia Harus Merata

Share this article
Daniel Mutaqien, Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar
Daniel Mutaqien

G24NEWS.TV, JAKARTA – Daniel Mutaqien Syafiuddin, Politisi Partai Golkar mengatakan, pembangunan infrastruktur harus dilakukan secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Jabar ini mengatakan, DPR RI dan partai politik perlu mendorong infrastruktur agar dibangun di seluruh daerah. Tidak hanya di kota besar, tetapi juga sampai ke pedesaan dan seluruh pelosok Tanah Air. Tidak juga hanya di Pulau Jawa, tetapi sampai ke pulau terjauh dan terkecil.

“Mudah-mudahan pembangunan infastruktur ini terasa. Semoga pembangunan infrastruktur ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya, belum lama ini.

Dia mengatakan infrastruktur sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi dan sosial. Mulai dari pengangkutan hasil pertanian hingga ke sekolah.

“Infrastruktur akan meningkatkan perekonomian di masing-masing wilayah,” jelas politisi Partai Beringin yang menjadi Anggota DPR-RI periode 2014–2019.

Tahun 2019, Daniel Mutaqien Syafiuddin juga lolos ke Senayan melalui Pemilihan Umum Anggota Legislatif (Pileg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VIII. Namun, tahun 2020, Daniel Mutaqien Syafiuddin mundur. Hal ini karena ia menjadi calon Bupati Indramayu setelah diusung oleh Partai Golkar.

Di Parlemen, dia mengisi Komisi V. Ia bersama anggota Komisi V lainnya membidangi infrastruktur, transportasi, daerah tertinggal dan transmigrasi, meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Baca Juga  Kiat Golkar Purwakarta Tambah Perolehan Kursi DPRD

Infrastruktur Efektif Persatukan Bangsa

Lebih jauh, dia mengatakan infrastruktur juga menjadi salah satu sarana efektif untuk mempersatukan wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Infrastruktur darat, laut, dan udara, jelasnya, akan meningkatkan konektivitas antar kawasan. Sehingga, membuka daerah terisolir. Dengan demikian, aktivitas ekonomi masyarakat akan semakin efisien dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Tahun 2023, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengelola dana infrastruktur dan perumahan rakyat senilai Rp125,18 triliun.

Seperti dilansir di laman resminya, Kementerian PUPR akan fokus pada penyelesaian pekerjaan konstruksi sedang berjalan, khususnya Proyek Strategis Nasional (PSN).

PSN ditargetkan dapat rampung pada semester I Tahun 2024 atau sebelum periode Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju berakhir.

Daniel Mutaqien Menjadi Anggota DPRD Jabar 2009-2014

Daniel Mutaqien Syafiuddin, kelahiran 30 September 1981, pernah menjadi anggota legislatif di DPRD Provinsi Jawa Barat periode 2009 hingga 2014.

Dia menghabiskan masa kecil dan pendidikan dasarnya di SDN III Paoman, Kabupaten Indramayu dan menengah di SMP Negeri 2 Indramayu. Kemudian, melanjutkan pendidikan ke SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta hingga memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Islam Indonesia dan lulus tahun 2005.

Baca Juga  Politisi Golkar Evelinda Kumpulkan Aspirasi Warga Solok Untuk Dibawa ke DPR RI

Dia sudah menjadi kader Golkar beberapa saat setelah menyelesaikan kuliahnya. Pada tahun 2010 hingga 2015, dia dipercaya menjadi  Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Indramayu.

Sebelum menjadi Ketua Harian Golkar Jawa Barat, dia menjabat sebagai salah satu Pengurus DPP Partai Golkar tahun 2017 hingga 2019.

Dia juga aktif di organisasi kepemudaan. Bahkan, dia menjadi Ketua Sapma Pemuda Pancasila periode 2005 hingga 2007.

Daniel menjadi Ketua MPC Pemuda Pancasila sejak tahun 2007 dan menjadi Pembina KNPI Kabupaten Indramayu.

Sebagai pengusaha, dia aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua BPC HIPMI Kabupaten Indramayu tahun 2009 hingga 2013. Selanjutnya, menjadi Wakil Sekretaris BPD HIPMI Jawa Barat sejak tahun 2013.

Di bidang olahraga, Daniel menjadi Bendahara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Barat tahun 2009 hingga 2014. Di komunitas pencinta olahraga sebagai hobi dan perlindungan konsumen, dia juga menjadi pengurus Ikatan Motor Indonesia.*

 

Penulis: Nyoman Adikusuma

Editor: Lala Lala

banner 325x300