Nasional

Bansos PKH 2023 Kapan Cair? Apa Benar Sebelum Ramadhan Nih?

301
×

Bansos PKH 2023 Kapan Cair? Apa Benar Sebelum Ramadhan Nih?

Share this article
pkh penerima
pkh-penerima

G24NEWS.TV ,JAKARTAProgram bansos yang dijalankan Kemensos terdiri dari bansos reguler dan bansos khusus. Bansos reguler dirancang untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan penindakan kemiskinan. BAntuan sosial reguler yang dimaksud merupakan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako.

Kapankah cair bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan atau PKH 2023? Berkembang cerita akan cair sebelum memasuki bulan Ramadhan 2023.

Yuk simak artikel di bawah ini, pembahasan tentang bantuan sosial PKH 2023 kapan cair termasuk cara cek daftar penerima.

Bansos PKH 2023 masih tetap menyasar kelompok pemeroleh manfaat yaitu:

  • Ibu hamil tetapi hanya setinggi-tingginya kehamilan yang kedua kali. Golongan ini akan mendapatkan bantuan langsung tunai Rp3 juta per tahun atau Rp750.000 per tahap.
  • Anak berusia 0-6 tahun. Ketetapannya adalah maksimal dua anak yang didaftarkan. Kelompok penerima bansos PKH 2023 ini akan menerima BLT Rp3 juta per tahun atau Rp750.000 per tahap.
  • Siswa SD yang belum selesai wajib belajar 12 tahun. Kelompok masyarakat ini bakal menerima bansos PKH 2023 berbentuk BLT Rp900 ribu per tahun atau Rp225 ribu per tahap.
  • Siswa SMP yang belum selesai wajib belajar 12 tahun bakal menerima bansos PKH 2023 berupa BLT Rp1,5 juta per tahun atau Rp375 ribu per tahap.
  • Siswa SMA yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun akan mendapatkan bansos PKH 2023 berupa BLT Rp2 juta per tahun atau Rp500 ribu per tahap.
  • Lansia yang berusia 70 tahun dengan ketentuan sebanyak-banyaknya satu orang dalam KK. Kelompok masyarakat ini pemeroleh bansos PKH 2023 ini akan mendapat BLT Rp2,4 juta per tahun atau Rp600 ribu per tahap.
  • Penyandang ketidakmampuan berat dengan ketentuan maksimal satu orang dalam KK. Kelompok penerima bansos PKH 2023 ini akan menerima BLT Rp2,4 juta per tahun.
Baca Juga  Endang Maria Dukung KPK Bersih-bersih Koruptor Bansos

Jika termasuk dalam kategori penerima Bansos PKH 2023 itu, silakan Anda cek daftar penerima dengan mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id

infografis Program Keluarga Harapan
infografis Program Keluarga Harapan. (Indonesiabaik)

Caranya sebagai berikut:

  • Pertama siapkan identitas berupa KTP individu yang nantinya dicek namanya, buka browser di HP atau komputer kemudian kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Setelah link cekbansos.kemensos.go.id terakses, isi data yang perlu di isi seperti wilayah, tempat tinggal, mulai dari Provinsi hingga data Desa.
  • Masukkan juga nama lengkap masyarakat sesuai dengan nama yang ada di KTP terdaftar di DTKS Kemensos.
  • Terakhir, lakukan verifikasi dengan cara menyalin ulang kode berupa delapan huruf.
  • Klik ‘CARI DATA’ kalau seluruh data yang dimasukkan  telah sesuai.

WAKTU PENCAIRAN BANSOS PKH

Hingga saat ini ini belum ada keterangan resmi dari Kementerian Sosial (Kemensos) tentang waktu pasti pencairan bantuan sosial PKH 2023. Di tengah pertanyaan terntang bantuan sosial PKH 2023 kapan cair, berhembus rumor bahwasanya dana dari pemerintah pusat itu akan cair sebelum memasuki Ramadhan 2023.

Baca Juga  Bansos PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai akan Cair di Bulan Juli 2023

Ada kemungkinan tersebut mungkin saja terjadi karena bantuan sosial PKH adalah bantuan reguler yang dicurahkan kepada masyarakat tidak mampu per tiga bulan. Tahun 2023 ini, bansos PKH masuk dalam tahap 1 pencairan yang dimulai dari bulan Januari-Maret.

Jika informasi ini benar, pastinya menjadi kabar gembira bagi KPM penerima bantuan sosial PKH dan BPNT yang telah menunggu lama. Tapi Kita juga mesti ingat, jadwal pencairan bantuan sosial PKH 2023 untuk setiap wilayah berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya kondisi geografis.

Dan untuk pencairan bantuan bantuan sosial PKH 2023 harap menyediakan dokumen seperti KTP dan KK, serta Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Pencairan bansos PKH tahap 1 2023 dilakukan melalui gabungan Bank Negara (Himbara), yakni bank BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.

Berhembus kabar bahwa surat undangan pencairan bantuan sosial dari PT Pos Indonesia bakal segera dibagikan di tiap-tiap daerah. Kalau anda sudah menerima surat undangan pengambilan bantuan dari PT Pos Indonesia, segera datangi Kantor Pos terdekat dengan membawa tiga berkas yaitu:

  • Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) wajib membawa e KTP
  • KPM wajib membawa Kartu Keluarga
  • KPM diharuskan membawa surat undangan pencairan dari PT Pos Indonesia yang telah diterima.

Demikianlah informasi pencairan Bansos PKH 2023 atau Program Keluarga Harapan 2023 kapan cair  dan cara cek status penerima di cekbansos.kemensos.go.id. Semoga bermanfaat.

 

banner 325x300