Internasional

Penasihat Barack Obama, David Plouffe Berbagi Pengalaman Hadapi Disrupsi di UI

298
×

Penasihat Barack Obama, David Plouffe Berbagi Pengalaman Hadapi Disrupsi di UI

Share this article
Penasihat Presiden Barack Obama David Plouffe
Penasihat Presiden Barack Obama David Plouffe

G24NEWS.TV, JAKARTA – Penasihat senior mantan Presiden Barack Obama, David Plouffe, pada Selasa (28/2) akan menggelar dialog publik di Auditorium EDISI Gedung M lantai 4 – Fakultas Ilmu Administrasi,  Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Plouffe adalah tokoh sentral dibalik kesuksesan Obama dua kali menjadi presiden di Amerika Serikat. Dia menuliskan pengalaman ini dalam buku The Audacity to Win: The Inside Story and Lessons of Barack Obama’s Historic Victory.  

Plouffe menginisiasi berbagai pembaharuan termasuk reformasi pajak dan hak hingga perawatan kesehatan dan reformasi imigrasi hingga tantangan kebijakan luar negeri Amerika Serikat. 

Di Indonesia Plouffe akan berbicara dalam acara bertajuk ‘Collaborative Leadership to Meet a Changing World‘, kerjasama Yayasan Berbakti Semangat Indonesia dengan Fakultas Ilmu Administrasi, UI. 

Baca Juga  Stadion Piala Dunia 2022 Akan Disumbangkan ke Negara Lain, Indonesia Kebagian?

“Dunia berubah, disrupsi teknologi membawa banyak manfaat, tapi juga berisiko membuat kesenjangan dan pandangan ekstrim meningkat. Dalam dunia yang seperti ini, kita perlu kepemimpinan yang bisa merangkul semua pihak,” ujar Ketua Yayasan Berbakti Semangat Indonesia, Luthfi Hakim dalam keterangan pers. 

Selain itu, katanya, Indonesia juga memerlukan added value yang dirasakan sebanyak mungkin masyarakat. Karena teknologi bisa meningkatkan kesenjangan, tapi juga bisa menyebarkan kesejahteraan secara adil.  “Pemimpin yang baik harus tahu bagaimana menggunakan disrupsi untuk kemajuan bersama, bukan hanya kemajuan sebagian kelompok,” tambah Luthfi.

Lembaga Amal

Plouffe kini menjadi pemimpin yang sukses di berbagai sektor sebagai eksekutif puncak di bidang politik, pemerintahan, teknologi, dan lembaga amal. 

Plouffe membantu Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan meluncurkan Inisiatif Chan Zuckerberg. Dia adalah penulis dua buku terlaris New York Times dan saat ini menjabat sebagai analis politik untuk berita NBC. Salah satu bukunya adalah “A Citizen’s Guide to Beating Donald Trump Hardcover” 

Baca Juga  Korban Ribuan Orang, Partai Golkar Kirim Ucapan Duka Cita Gempa Turki  

Saat ini, dia juga menjabat sebagai konsultan untuk perusahaan global terkemuka di ruang konsumen, crypto, dan teknologi serta melayani di dewan Oscar Health dan Yayasan Obama. Ia juga memimpin kelompok advokasi peradilan pidana dan imigrasi terkemuka di negara itu.

Luthfi menambahkan, kegiatan itu terbuka bagi masyarakat luas yang ingin belajar dari sosok David Plouffe. Masyarakat umum, akademisi, praktisi dan kalangan politisi dapat mengikuti kegiatan itu secara gratis.

banner 325x300