Internasional

Lewati Drama 15 Kali Pemilihan, Kevin McCarthy Jadi Ketua DPR Amerika Serikat

217
×

Lewati Drama 15 Kali Pemilihan, Kevin McCarthy Jadi Ketua DPR Amerika Serikat

Share this article
Politisi kawakan dari Partai Republik Kevin McCarthy
kevin-dpr-as

G24NEWS.TV, JAKARTA – Politisi Partai Republik Kevin McCarthy akhirnya terpilih menjadi Ketua DPR Amerika Serikat, Sabtu (7/1) dinihari setelah melewati perdebatan panjang selama empat hari terakhir.

Partai Republik terpilih sebagai ketua DPR setelah melewati 15 putaran pemungutan suara pada Sabtu pagi. Ini adalah pemungutan suara paling terpanjang dalam 164 tahun terakhir di Amerika Serikat.

Baca Juga  Dave Laksono: Pembakaran Alquran di Swedia bukan Demokrasi dan Kebebasan Berekspresi 

Dia kalah satu suara pada pemungutan suara ke-14, tetapi di putaran ke-15 dan terakhir, penghitungannya adalah 216-212, sementara Demokrat memilih pemimpin Hakeem Jeffries.

Dalam tweet setelah hasil, McCarthy berkata: “Saya harap satu hal menjadi jelas: saya tidak akan pernah menyerah. Saya tidak akan pernah menyerah untuk Anda, rakyat Amerika.”

Dalam pidato pertamanya sebagai ketua DPR, McCarthy berkata: “Kini kerja keras dimulai.”

Baca Juga  Gempa Guncang Maroko, 2.012 Orang Meninggal Dunia

“Sebagai ketua DPR, tanggung jawab utama saya bukanlah pada partai saya, konferensi saya, atau bahkan Kongres kita. Tanggung jawab saya, tanggung jawab kita, adalah pada negara kita.”

Nancy Pelosi, mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat, diperkirakan akan menyerahkan podium kepada McCarthy pada hari Senin.

banner 325x300