Lifestyle

Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan Pengurus Masjid Jelang Ramadhan

439
×

Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan Pengurus Masjid Jelang Ramadhan

Share this article
gambar masjid siluet
Niat Puasa Ramadhan dan waktu yang tepat membaca

G24NEWS.TV, JAKARTA — Sebentar lagi bulan suci Ramadhan 1444 H atau 2023 Masehi akan datang, ada beberapa persiapan yang mesti dilakukan kita sebagai muslim untuk menyambut Ramadhan mulia itu.

Saat ini, kita sedang mengarungi Rajab, setelah itu Syaban dan sebelum akhirnya tiba Ramadhan yang kita tunggu.  Apalagi pada Ramadhan ada Lailatul Qadar, malam yang disebut lebih baik dari seribu bulan atau  jika dihitung sekitar 83 tahun. Bayangkan, pahala yang diberikan Allah atas ibadah  kita saat malam itu sama dengan kebaikan selama 83 tahun.

Dalam buku “Tuntunan Ibadah pada Bulan Ramadhan” yang diterbitkan Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah disebutkan ada beberapa persiapan yang semestinya dilakukan baik secara pribadi maupun bagi pengurus masjid jelang Ramadhan.

Baca Juga  Niat Puasa Ramadhan dan Waktu Membaca yang Tepat, Lupa Niat Bisa Tidak Sah Lho

Anjuran untuk pribadi muslim jelang Ramadhan:

1. Umat muslim semestinya mempersiapkan diri pribadi baik secara lahir maupun batin.

Salah satu anjurannya adalah memperbanyak puasa sunnah pada Sya’ban. Anjuran itu berdasarkan hadits Nabi Muhammad: “Dari ‘Aisyah r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: … Saya tidak pernah melihat Rasulullah saw berpuasa sebulan penuh selain bulan Ramadhan. Juga saya tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa kecuali di bulan Sya‘ban.” (Muttafaq ‘Alaih).

2. Menyambut datangnya Ramadhan

Kita dianjutkan untuk mengondisikan penyambutan datangnya Ramadhan pada  Sya‘ban. Penyambutan dilakukan baik di lingkungan masyarakat, rumah dan masjid antara lain memperbanyak informasi dan kajian tentang tuntunan ibadah Ramadhan.

3. Mempersiapkan Saranan Prasarana Jelang Ramadhan

Segala sarana dan prasarana selama Ramadhan di masjid seperti sound system, kebersihan tempat wudhu, air wudhu, kotak infaq, peralatan ta‘jil, dan lain-lain harus disiapkan dengan baik. Demikian juga meningkatkan kebersihan, baik di dalam masjid maupun di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga  Jelang Ramadhan, Ini Instruksi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

4. Menyusun Jadwal-jadwal penting di Masjid

Masjid juga perlu mengatur jadwal mu’adzin, imam, penceramah dan penjemputannya. Selain itu juga perlu  menyiapkan jadwal kegiatan seperti kajian keagamaan, TPA, bakti sosial, dan lain-lain.

Menjelang akhir Ramadhan juga perlu untuk mempersiapkan tempat shalat ‘Idul Fitri, Imam/Khatib dan penjemputannya. Harus juga membentuk amil zakat untuk memungut dan membagikannya serta mempersiapkan peralatannya.

Demikian anjuran yang tertuang semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari sebelumnya baik secara pribadi maupun untuk pengurus masjid.

banner 325x300