Politik

Sidang Perselisihan Hasil Pilpres Masuki Hari ke-2, Hari Ini Giliran Keterangan Kuasa Hukum Prabowo-Gibran

44
×

Sidang Perselisihan Hasil Pilpres Masuki Hari ke-2, Hari Ini Giliran Keterangan Kuasa Hukum Prabowo-Gibran

Share this article
Yusril Izra Mahendra dan kuasa hukum Prabowo-Gibran lainnya dalam sidang PHPU, di MK, Jakarta, Rabu (27/3/2024). Foto: MK
Yusril Izra Mahendra dan kuasa hukum Prabowo-Gibran lainnya dalam sidang PHPU, di MK, Jakarta, Rabu (27/3/2024). Foto: MK

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melalui kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra akan memberikan keterangan di sidang PHPU MK pada hari ini, Kamis (28/3/2024) pukul 13.00 WIB.

Yusril menatakan pihaknya menilai permohonan ini lebih banyak narasi, seperti permohonan di awal sedikit sekali bukti-bukti yang dikemukakan sifatnya kualitatif.

Dia mengatakan pihaknya siap memberikan bantahan atas adanya tuntutan kepada MK supaya mendiskualifikasi pasangan calon 02 Prabowo Subianto dan Pak Gibran Rakabuming Raka.

“Kemudian pemohon meminta untuk pemungutan suara ulang tanpa mengikutsertakan Pak Prabowo Subianto dan Pak Gibran Rakabuming Raka,” jelas Yusril, seperti dilansir dari laman MK.

Baca Juga  Jika Menang Pilpres, Prabowo Ingin Rangkul Semua Kekuatan

Ia menegaskan, dalam sejarah belum ada aturan dalam pemilihan presiden dan wakil presiden dapat dilakukan pemungutan suara ulang secara menyeluruh. Pihaknya menolak anggapan yang menyamakan pilkada dengan pilpres.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 (PHPU Presiden 2024) pada hari ini Rabu (27/3/2024).

Sidang PHPU Presiden 2024 akan digelar untuk dua perkara, yakni Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 yang dimohonkan oleh Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar digelar pada pukul 08.00 WIB. Sementara Perkara Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 yang dimohonkan oleh Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo dan Moh. Mahfud MD yang akan digelar pada pukul 13.00 WIB.

Baca Juga  Gibran Serap Aspirasi dari "Influencer" dan Pelaku UMKM di Manado

Sementara hakim konstitusi yang disepakati Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk menangani PHPU Presiden Tahun 2024 berjumlah 8 (delapan) hakim.

Para hakim konstitusi tersebut, yakni Ketua MK Suhartoyo, Wakil Ketua MK Saldi Isra, Hakim Konstitusi Arief Hidayat, Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih, Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P. Foekh, Hakim Konstitusi M. Guntur Hamzah, Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur, dan Hakim Konstitusi Arsul Sani.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300