Politik

Meta Luncurkan Portal Pelaporan Konten untuk Bawaslu

151
×

Meta Luncurkan Portal Pelaporan Konten untuk Bawaslu

Share this article
Meta Luncurkan Portal Pelaporan Konten untuk Bawaslu
Meta Luncurkan Portal Pelaporan Konten untuk Bawaslu

G24NEWS.TV, JAKARTA –Dalam mengantisipasi hoax dan disinformasi, Meta meluncurkan portal pelaporan konten untuk Bawaslu (baik di Facebook dan Instagram).

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja pun menyambut baik langkah pencegahan bersama lewat Portal Pelaporan Konten ini.

Dia melihat jajaran Bawaslu harus siap berkolaborasi utamanya dalam menangkal konten-konten yang memuat dugaan pelanggaran.

Dia mencontohkan serangan hoax atau berita bohong bahkan hingga menyinggung Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

“Semoga Meta bisa membantu Bawaslu menyaring konten media sosial untuk menangkal hoax berita bohong black campaign, sampai pada tahapan take down,” kata Bagja.

Menurutnya pelanggaran kemungkinan tinggi terjadi pada masa tahapan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden lalu dilanjutkan masa kampanye.

Baca Juga  KPU Didesak agar Kembali Mengatur LPSDK

Sehingga, dia meminta adanya penyelerasan Standar Kebijakan Meta dan Peraturan Bawaslu untuk menentukan pelanggaran di media sosial.

“Jadi inilah PR kita bersama untuk menyelenggarakan Pemilu, maka jajaran disiapkan terlebih saat kampanye. Saya kira bisa dikordinasikan dan kerja sama dengan Meta mengamankan untuk mengawasi Pemilu 2024 agar jujur dan adil sehingga kualitas pemilu tetap terjaga,” tutur Bagja.

Menanggapi hal tersebut Manajer Kebijakan Publik Meta di Indonesia, Karissa Sjawaldy menyatakan akan terus membantu Bawaslu dalam memantau pelanggaran Pemilu di sosial media.

Terutama, lanjutnya, dalam hal kepemiluan nantinya akan ada petunjuk spesifik dari Meta untuk Indonesia yang disinkronkan dengan Peraturan Bawaslu.

Baca Juga  Survei ASI: Prabowo-Gibran Unggul di Pulau Jawa

Sehingga, Karissa menyampaikan ketika ada konten viral yang memuat unsur pelanggaran proses penanganan bisa lebih cepat karena sudah sepahamnya Meta dan Bawaslu.

Dia memahami jika proses Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang waktunya akan berdekatan maka Meta menyiapkan ‘War Room’ saat tahapan krusial untuk pengambilan keputusan yang bisa cepat dan real time.

“Hal inilah yang dapat kami lakukan Bawaslu menjadi rekan kami bersama-sama dengan Kominfo, KPU untuk mengawasi konten-konten yang ada di media sosial terutama masa kampanye dan tahun 2024 mendatang,” jelas Karissa.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300