Politik

PPP Ajak Golkar dan PAN Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

174
×

PPP Ajak Golkar dan PAN Dukung Ganjar Jadi Capres 2024

Share this article
PPP kembali mengajak Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. FotoL Dok
PPP kembali mengajak Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. FotoL Dok

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengajak Koalisi Indonesia Bersatu mendukung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Ajakan ini disampaikan Mardino dalam sambutannya dalam acara pertemuan dengan PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Minggu (30/4/2023).

Seperti diketahui Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dibentuk oleh PPP, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golongan Karya (Golkar).

“Untuk itu saya mengajak agar KIB bersama dengan pilihannya sama dengan PPP,” jelasnya, seperti dilansir dalam live streaming acara tersebut.

Namun, dia mengatakan meski tidak memiliki pilihan yang sama, PPP tetap menghargai pilihan Golkar dan PAN.

Perbedaan, tambahnya, adalah sebuah keniscayaan dalam dunia politik dan sebagai negara demokrasi setiap warga memiliki hak menentukan pilihannya.

Baca Juga  Nuzulul Quran Partai Golkar: Perintah Pertama Islam, Baca dan Luaskan Pengetahuan

“Tapi manakah itu berbeda adalah keniscayaan dalam suatu politik. Negara kita adalah negara demokrasi yang kita punya hak untuk menentukan pilihan,” terangnya.

Pertemuan itu dilakukan dalam rangka koordinasi, setelah PPP mengumumkan dukungan terhadap Calon Presiden dari PDPI, yaitu Ganjar Pranowo.

Pertemuan itu digunakan PPP ajak Golkar dan PAN ikut dalam pilihannya.

KIB Masih Membuka Berbagai Opsi

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan situasi dan opsi soal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih terbuka.

“Situasi masih terbuka, opsi masih terbuka karena masih ada waktu setidaknya enam bulan ke depan. Sambil menanti jadwal resmi, komunikasi masih berjalan secara baik, demikian juga partai di luar KIB,” jelas Airlangga, seusai pertemuan KIB, di kediamannya, di Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023) malam.

Baca Juga  Pengamat: Prabowo-Gibran Berpeluang Dapat Limpahan Suara PKB Jika Pilpres 2 Putaran

Yang pasti, jelas Menko Perekonomian ini, tujuan KIB adalah membangun Indonesia yang lebih kuat dan mandiri, serta membangun persatuan untuk melakukan pembangunan jangka panjang 2025-2045.

Meski demikian, Ketua Umum Partai Golkar mengatakan pihaknya menghargai keputusan PPP yang telah mendukung Capres Ganjar Pranowo.

“KIB tidak akan mencampuri urusan masing-masing, Rapimnas bagian dari PPP, Golkar ada Munas dan ada juga mekanisme di PAN,” jelas Airlangga.

Airlangga mengatakan mengenai keputusan KIB soal Capres di Pilpres tahun depan, pihaknya akan berkomunikasi dan berunding dengan masing-masing ketua umum partai anggota.*

Email: Nyomanadikusuma@G24News
Editor: Lala Lala

banner 325x300