Karya dan Gagasan

Odading, Punya Asal-Usul Nama yang Unik Banget! Gimana tuh?

278
×

Odading, Punya Asal-Usul Nama yang Unik Banget! Gimana tuh?

Share this article
Ilustrasi Odading Mang Oleh/https://www.kompas.tv/entertainment/108581/viral-karena-promosi-ngegas-odading-mang-oleh-ini-fakta-kue-odading-asal-bandung
Odading Mang Oleh

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hey guys! Kembali lagi ke hal-hal trivial kita! Kali ini kita mau bahas salah satu nama roti goreng khas Jawab Barat yang sempet viral, namanya “Odading”. Pasti pernah denger kan roti yang satu ini? Ternyata ada cerita seru di balik namanya! Yuk kita lihat!

Odading itu rasanya manis, dan lembut, tapi renyah di luar. Cocok banget buat dicemil, atau jadi temen ngopi kamu. Kalau kamu pengen cobain odading, sebenernya ada banyak yang mulai jual dengan tersebar di Indonesia, tapi kalau mau cobain yang autentik, kamu bisa banget atang ke Bandung. Biasanya odading dijual sama abang-abang penjual cakwe. Kamu juga bisa hunting odading di toko kue, pasar, atau pedagang kaki lima.

Tapi ternyata ada sebutan-sebutan lain untuk roti goreng sejenis dari daerah yang berbeda-beda. Ada yang manggilnya Kue Bantal di Jakarta, galundeng di Yogyakarta, gembukan di Solo, bolang-baling di Semarang, golang-galing di Banyumas, roten di Tegal, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga  Guru Besar ITS Prof Darminto Berhasil Fabrikasi Komponen Semikonduktor Sel Surya Dengan Biomassa

Kamu inget kan, makanan ini sempet viral karena dipromosiin sama Ade Londok dengan gayanya yang kasar, kocak, ngegas, dan unik di Tiktok. Mulai deh odading Mang Oleh ini trending di media sosial. Ternyata banyak juga yang tertarik coba odading setelah melihat video tersebut, dan odading jadi camilan yang digemari masyarakat.

Tapi kenapa ya namanya “odading”? Nah, awalnya makanan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda di Jawa Barat. Waktu itu, tepung terigu emang jadi bahan makanan yang mewah dan primadona bagi masyarakat. Dari sebuah buku berjudul “9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing” yang ditulis sama Alif Danya Munsyi, odading itu ternyata adalah serapan dari kata Belanda. Menarik banget nih!

Baca Juga  Partai Berkarya: Animo Anak Muda Dukung Prabowo-Gibran Luar Biasa

Lalu, seorang penjual kue berkeliling pake nampan nyiru, dan seorang anak laki-laki Belanda (dipanggil Sinyo) melihat kue itu dan pengen membelinya. Tapi, dia gak tahu apa nama kue itu, dan dia tanya ke mamanya, “Mammie, koop dat voor mij” yang artinya “Mama, beliin itu untukku.” Lalu mamanya penasaran dan bertanya, “O, dat ding?” yang artinya “Oh, itu benda apa?” ke si penjual.

Si penjual kue mendengar kalimat itu unik dan lucu, lalu semenjak itu dia menamai kue itu “Odading”, deh! Jadi begitulah asal usul nama roti goreng dari tepung terigu ini! Kreatif juga ya namanya. Jadi gimana, kamu tertarik untuk coba odading gak? Yuk, kita cicipi bersama!

banner 325x300