Lifestyle

Dari Chef, Untuk Chef: 10 Tips Memasak ala Chef Profesional

223
×

Dari Chef, Untuk Chef: 10 Tips Memasak ala Chef Profesional

Share this article
Ilustrasi Memasak/Photo by Vanessa Loring: https://www.pexels.com/photo/food-ingredients-on-the-table-5971874/
Memasak

G24NEWS.TV, JAKARTA – Halo, guys! Buat kamu yang lagi mau asah kemampuan memasak, nih ada 10 tips dari para chef profesional untuk membantu kamu. Yuk simak tipsnya!

  1. Dapur Bersih dan Rapi

Sebelum mulai masak, pastinya dapur kamu harus bersih dan rapi dulu. Dengan meja, peralatan dapur, dan bahan-bahan yang bersih, kamu akan nyaman saat masak. Dapur yang terorganisir akan membuat kamu lebih efisien saat masak, sehingga kamu juga ga membuang tenaga yang sebenarnya gak perlu saat masak.

  1. Manfaatkan Bahan Segar dan Berkualitas

Bahan yang segar dan berkualitas adalah kunci dalam menciptakan hidangan yang lezat. Carilah toko atau pasar yang menyediakan bahan-bahan segar, baik itu daging-dagingan, sayuran, dan juga buah. Pilihlah warna bahan yang segar, gak layu atau pucat, atau juga beraroma harum.

  1. Teknik Memotong

Salah satu teknik dasar memasak adalah teknik memotong. Jadi, memotong itu gak asal-asalan, lho. Ada berbagai teknik potong seperti chiffonade, julienne, atau brunoise. Tekstur, efektivitas memasak, dan penampilan hidangan kamu akan enak dimakan dan indah dipandang kalau kamu memotong dengan tepat.

  1. Menguasai Panas dan Api

Kamu juga harus belajar gimana caranya mengatur panas dan api kompor. Pelajari dan pahami berbagai teknik memasak dan bagaimana mengatur apinya. Contohnya, dalam teknik menggoreng, kamu harus mulai pakai api kecil untuk memanaskan bahan yang baru masuk ke minyak, lalu bisa pakai api besar belakangan, untuk bikin gorengan jadi lebih kriuk.

  1. Belajar Berbagai Teknik

Jika mau memasak dengan baik dan komprehensif, kamu juga harus belajar teknik memasak yang bermacam-macam. Contohnya membakar atau memanggang, yang akan memberikan rasa yang khas pada hidanganmu. Belajarlah tentang teknik memasak dengan menggunakan grill atau oven. Coba panggang daging, ikan, atau sayuran untuk menciptakan hidangan yang berbeda dan lezat.

  1. Buat Kombinasi Rempah

Pasti kita semua tahu, rembah dan bumbu yang enak akan menghasilkan cita rasa makanan yang lezat. Jadi, jangan takut untuk eksperimen dengan berbagai kombinasinya. Kamu bisa membuat kombinasi unik, contohnya rempah-rempah tradisional dicampur dengan bumbu modern. Kenali juga rempah Indonesia yang kurang  sering dipakai, seperti bunga lawang atau kapulaga, supaya kamu bisa eksplor cita rasa makanan yang sangat beragam.

  1. Cicipi dan Buat Seenak Mungkin

Jangan lupa untuk mencicipi hidanganmu saat proses memasak. Sebelum menuju ke langkah berikutnya, pastikan wanginya enak dan kamu suka dengan rasanya. Percaya pada lidahmu dan berani menyesuaikan rasanya. Jika masih ragu, gak ada salahnya juga untuk bertanya dan minta saran ke orang lain.

  1. Pelajari Kekayaan Budaya Kuliner

Budaya kuliner di dunia ini sangat kaya, guys, dan sayang banget kalau kamu gak membuka wawasan dengan mencicipi banyak hidangan. Pelajarilah masakan tradisional dari berbagai budaya, sehingga kamu punya pengalaman memasak yang kaya dan wawasan yang luas.

  1. Enjoy!

Yang terakhir, jangan lupa untuk bersenang-senang dan cintai proses memasak. Jadi chef yang keren adalah chef yang bisa menunjukkan ekspresi diri dan kreativitasnya lewat hidangan buatannya. Semangat dan kecintaanmu akan memasak bisa tercerminkan lewat sajian makanan kamu.

Baca Juga  Tempe: Lezat, Bergizi, dan Berkhasiat Tinggi

Jadi, itu dia sepuluh tips dari para chef profesional gimana jadi juru masak yang makin berkembang. Jangan takut untuk mencoba hal baru atau gagal, karena itulah proses belajar yang benar. Jadi, selamat bersenang-senang dan memberikan makanan lezat kepada orang-orang!

banner 325x300