HeadlineNasional

Kaleidoskop 2022: Indonesia Produksi Vaksin COVID-19 Sendiri

268
×

Kaleidoskop 2022: Indonesia Produksi Vaksin COVID-19 Sendiri

Share this article
Jakarta
Jakarta

G24NEWS.TV, JAKARTA — Tahun 2023 sudah dalam hitungan minggu, semakin dekat saat kita meninggalkan 2022. Sepanjang tahun ini banyak kejadian-kejadian menarik di negara tercinta.

Ini beberapa di antaranya:

1. Varian Omicron Pacu Kenaikan BOR

Pada awal 2022, lonjakan angka penderita Covid-19 varian Omicron mengakibatkan kenaikan Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (RS)  di Jakarta. Kenaikan tersebut mencapai 7%. Meski tidak terlalu tinggi,tapi tetap terasa efeknya bagi warga Jakarta.

2. MotoGP di Sirkuit Mandalika

Setelah 25 tahun berlalu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2022. Proses supaya MotoGP berlangsung ini cukup panjang.

Selama 5 tahun sirkuit dibangun paralel dengan ti Indonesia membujuk Dorna Sports selaku pemilik ajang MotoGP agar mengizinkan pertandingan tersebut diadakan di Indonesia. Dalam MotoGP di Mandalika, pembalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira mencatat namanya sebagai pemenang pertama di ajang tersebut.

Baca Juga  Gunung Kerinci Meletus, Masyarakat Diminta Waspada Bahaya Abu Vulkanik 

3. Formula E

Jakarta E-Prix merupakan seri kesembilan dari gelaran Formula E 2021-2022 yang digelar Sabtu, 6 Juni 2022. Meski sempat tertunda dua tahun, antusias masyarakat terhadap balapan ini tetap ada. Balapan juga berjalan seru. Tiga pembalap yakni Mitch Evans (Jaguar TCS Racing), Jean-Eric Vergne (DS Techeetah), dan Edoardo Mortara (RoKiT Venturi Racing) bersaing ketat dari awal hingga lap terakhir. Pertandingan yang berlangsung selama 45 menit ini akhirnya dimenangkan oleh Mitch Evans dengan finish tercepat.

Rencananya Indonesia akan kembali jadi tuan rumah ajang balapan ini pada Juni 2023.

4. Presidensi G20

Selama satu tahun Indonesia dipercaya sebagai Presidensi G20, menggantikan Italia yang menjabat periode sebelumnya. G20 adalah forum ekonomi yang beranggotakan 20 negara dengan ekonomi terkuat.

Negara-negara nggota G20 adalah Australia, Argentina, Brasil, Kanada, China, Uni Eropa, Jerman, Perancis, India, Indonesia, Meksiko, Jepang, Italia, Arab Saudi, Rusia, Arika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika. Setelah masa jabatannya berakhir, Indonesia menyerahkan tongkat Presidensi G20 kepads India.

Baca Juga  Dewan Pengawas Benarkan Ada Dugaan Pungli di Rutan KPK Rp4 Miliar

5. Vaksin Covid-19 Pertama Buatan Indonesia

Vaksin Merah Putih dengan merk dagang IndoVac resmi menjadi vaksin pertama yang diproduksi di Indonesia melalui fasilitas produksi PT Bio Farma. Presiden Joko Widodo bahkan telah disuntik booster kedua pada tanggal 24 November 2022 menggunakan vaksin tersebut.

Vaksin ini memiliki kandungan zat aktif rekombinan Receptor-Binding Domain (RBD) protein S virus S. Dari hasil uji klinik, efek samping atau adverse events (AEs)vaksin Indovac dilaporkan umumnya bersifat ringan.

6. Heru Budi Hartono Menjadi Penjabat Gubernur DKI

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono resmi menjabat sebagai penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022. Heru menggantikan Anies Baswedan yang berakhir masa jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Pelantikan Heru dilakukan di kantor Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri dan dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian. Semoga tahun baru 2023 lebih baik untuk kita semua.

banner 325x300