Olahraga

Ini 4 Olahraga Paling Populer di Indonesia, dari Sepak Bola sampai Voli

406
×

Ini 4 Olahraga Paling Populer di Indonesia, dari Sepak Bola sampai Voli

Share this article
Penonton sepak bola
Penonton sepak bola

G24NEWS.TV, JAKARTA — Olahraga adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif maupun santai. Pada umumnya, orang-orang berolahraga untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik.

Tak hanya itu, olahraga bagi sebagian orang juga bisa memberikan efek relaksasi.

Olahraga juga bisa menjadi aktivitas yang menyehatkan sekaligus menyenangkan bagi sebagian besar orang.

Berbicara soal olahraga, tentu di setiap negara punya olahraga yang digemari sebagian besar orang. Di Indonesia, sebagian besar orang menyukai olahraga sepak bola.

Apa saja sih olahraga yang disukai orang Indonesia? simak ulasannya berikut ya!

1. Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling populer tak hanya di Indonesia tetapi juga paling populer di dunia.Pertandingan sepak bola di Indonesia menarik ribuan hingga jutaan penonton.

Misalnya, pertandingan sepak bola yang disuguhkan klub maupun timnas Indonesia sering dihadiri ribuan penonton di stadion maupun jutaan pasang mata lewat layar siaran televisi.

Suasana penonton pertandingan sepak bola Indonesia vs Argentina di SUGBK, Jakarta
Suasana penonton pertandingan sepak bola Indonesia vs Argentina di SUGBK, Jakarta

Populernya sepak bola di Indonesia juga dibuktikan dengan antusiasme dan semangat dari suporter. Biasanya mereka membentuk kelompok suporter yang memiliki yel-yel khas untuk mendukung tim kesayangan mereka.

Baca Juga  Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Unggul 12-0 Lawan Brunei Darussalam

Suporter sepak bola biasanya memiliki pakaian khusus yang sesuai dengan warna dan identitas tim yang didukung.

Selain itu, kepopuleran sepak bola di Indonesia biasanya terlihat saat turnamen besar sepak bola. Banyak tempat hiburan seperti restoran atau kafe yang menyiarkan pertandingan-pertandingan atau nonton bareng.

2. Bulu Tangkis

Selain sepak bola, bulu tangkis juga merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia.

Salah satu yang membuat bulu tangkis populer di Indonesia adalah kesuksesan yang diraih atlet di tingkat internasional seperti Olimpiade, Kejuaraan Dunia maupun turnamen internasional baik individu maupun beregu.

Atlet-atlet bulu tangkis Indonesia yang memiliki segudang prestasi juga menjadi magnet penarik khalayak untuk menonton pertandingan bulu tangkis.

Turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2022
Turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2022

Kesuksesan para atlet bulu tangkis membangkitkan semangat sebagian orang dan memicu minat yang besar dalam olahraga ini.

3. Voli

Voli merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia karena olahraga ini mudah dimainkan oleh siapa saja. Olahraga ini bisa dimainkan mulai dari remaja hingga orang dewasa. Olahraga ini biasanya menjadi turnamen atau lomba yang biasa diadakan antar kampung maupun RT.

Baca Juga  Kamu Harus Coba Olahraga Golf: Ini 7 Alasan Untuk Memulainya!

Voli dapat dimainkan di lapangan mana saja. Termasuk lapangan rumput, lapangan tanah, bahkan lapangan pasir.

Turnamen voli putri di daerah
Turnamen voli putri di daerah

Turnamen voli di desa maupun kampung biasanya menarik minat banyak penonton. Tak hanya itu, turnamen voli dapat mendorong dan mengembangkan bakat-bakat olahraga bagi pemuda setempat.

Ini bisa menjadi tahap awal bagi pemain muda untuk mengembangkan keterampilan mereka dan kemudian berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

4. Bersepeda

Bersepeda jadi salah satu olahraga yang menarik bagi sebagian orang Indonesia. Hal itu karena bersepeda merupakan bagian dari gaya hidup sehat.

Sejak dulu, orang Indonesia memang gemar bersepeda saat bepergian mulai dari ke pasar maupun ke sawah. Misalnya, di desa, orang-orang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk keperluan sehari-hari.

Bersepeda, salah satu olahraga dan kegiatan yang disukai orang Indonesia
Bersepeda, salah satu olahraga dan kegiatan yang disukai orang Indonesia

Kebiasaan bersepeda juga semakin populer di kota-kota besar. Banyak komunitas pesepeda yang mulai menghiasi jalanan kota.

Dengan bersepeda, badan menjadi lebih segar dan fresh. Tak hanya itu, bersepeda juga membawa manfaat yakni menjaga lingkungan dari polusi udara.

Demikian empat olahraga yang populer dan digemari orang Indonesia, semoga memotivasimu untuk selalu hidup sehat dengan berolahraga ya!

banner 325x300