Olahraga

Jakpro Ungkap Ajang Balapan Listrik Formula E Diundur Jadi Tahun Depan Karena Pemilu

120
×

Jakpro Ungkap Ajang Balapan Listrik Formula E Diundur Jadi Tahun Depan Karena Pemilu

Share this article
Ilustrasi mengisi daya mobil listrik/Photo by Kindel Media: https://www.pexels.com/photo/gray-electric-car-parked-on-a-charging-bay-9800006/
Ilustrasi mengisi daya mobil listrik/Photo by Kindel Media: https://www.pexels.com/photo/gray-electric-car-parked-on-a-charging-bay-9800006/

G24NEWS.TV, JAKARTA PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan penyelenggaraan balapan listrik Formula E diundur ke 2025 atau tahun depan karena masih berfokus pada pelaksanaan Pemilu 2024.

“Diundur tahun depan, jadi tahun ini kita tidak ikut karena pemilu,” kata Project Director Jakarta EPrix 2023 Ivan Cahya Permana kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Ivan menegaskan pengunduran ini sudah mutlak kepastiannya yang telah diputuskan sebelum pemilu bersama pemegang lisensi balapan mobil listrik Formula E Operation (FEO).

Adapun terkait biaya komitmen (commitment fee), pihaknya menyatakan siap mengikuti kesepakatan kontrak yang sudah ada dan dijanjikan.

“Kita mengikuti apa yang ada saja, kan commitment fee sudah ada kontraknya kita ikuti,” ujarnya, seperti dilansir dari Antara.

Ivan menambahkan, pihak Jakpro akan memberikan pengumuman khusus terkait berapa hari penyelenggaraan Formula E akan diadakan di Indonesia nantinya.

Baca Juga  Pele Sang Raja Sepakbola Meninggal Dunia 

“Nanti itu ada pengumuman khusus kalau sudah yakin,” tambahnya.

Kota Jakarta tidak masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim mendatang karena bersamaan waktunya dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dilansir dari keterangan resmi Formula E, kota Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh itu karena pada balapan yang direncanakan digelar pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol tersebut bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

Baca Juga  Menpora Nobatkan Gubernur Jatim Sebagai Pelaku Olahraga Berprestasi 2023

Adapun kontrak antara FEO dan JakPro itu berdurasi tiga tahun sejak 2022 hingga 2024 sehingga jika dibatalkan atau diundur maka akan menyalahi kesepakatan dan tercatat sebagai pelanggaran.

Sebelumnya, anggota Komisi B DPRD DKI M Taufik Zoelkifli menegaskan balap mobil listrik internasional, Formula E 2024 semestinya tetap diselenggarakan di Jakarta karena sudah ada kontrak kerja sama bisnis di antara pihak terkait.

Karena itu, dia meminta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) memperdalam komunikasi terkait Formula E karena bersamaan dengan masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300