Olahraga

Jelang Akhir Liga 1, PSM, Persib atau Persija Bakal Juara?

275
×

Jelang Akhir Liga 1, PSM, Persib atau Persija Bakal Juara?

Share this article
Para Pemain PSM
Para Pemain PSM

G24NEWS.TV, JAKARTA – Peta persaingan Liga 1 makin ketat jelang musim, Persib Bandung menggeser Persija Jakarta, sedangkan PSM Makassar tetap memuncaki klasemen.  Persib Bandung dan PSM Makassar sama-sama memainkan laga pekan ke-25 mereka pada Minggu (19/2/2023), pukul 15.00 WIB.

Maung Bandung bertandang ke markas RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sementara, tim Juku Eja menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan.

Hasil akhir kedua tim papan atas Liga 1 itu sama-sama mendapatkan poin penuh. Persib menang 3-1 atas RANS Nusantara FC. Duo Brasil David Da Silva (menit 7 pen) dan Ciro Alves (menit 35) menyumbang 2 gol dari 3 gol kemenangan Pangeran Biru.

Satu gol Persib lainnya karena aksi bunuh diri gelandang RANS Nusantara FC Finky Pasamba pada menit ke-54. Adapun 1 gol dari RANS Nusantara FC dicetak atas nama Mbombo Lokwa pada menit ke-60.

Para Pemain Persib
Para Pemain Persib

Buat Persib, kemenangan atas RANS Nusantara mengantarkan mereka naik ke posisi kedua klasemen Liga 1, menggusur tim Ibukota Persija Jakarta. Pasukan Luis Milla mengantongi 49 poin dari 24 laga, unggul dua angka dari tim Ibukota Persija Jakarta yang saat ini menempati posisi ke 3.

Baca Juga  Persib Bandung vs Persikabo 1973: Pangeran Biru Waspadai Kebangkitan Laskar Padjajaran 

Sementara di pertandingan lain, PSM Makassar berhasil mengalahkan perlawanan tim tamu Persik kediri dengan skor tipis 2-1. PSM unggul lebih dulu pada menit ke 3 lewat gol Yuran Fernandes, sebelum disamakan Persik melalui kontribusi Renan Silva (40′).

Para Pemain PSM
Para Pemain PSM

Tuan rumah akhirnya memastikan kemenangan lewat gol Ramadhan Sananta pada babak ke2, tepatnya menit ke-66. Kemenangan lawan Macan Putih mengkokohkan posisi PSM Makassar di puncak klasemen Liga. Pasukan Bernardo Tavares mengoleksi 53 poin dari 25 laga, unggul 4 angka dari Persib di posisi ke2 dan unggul 6 poin dari Persija di posisi ke3.

Papan Atas Liga 1 Semakin Memanas

Persaingan gelar Liga 1 2022/2023 semakin memanas dengan kehadiran PSM Makassar, Persib Bandung dan Persija Jakarta. Tiga tim Liga 1 ini mendominasi papan atas klasemen dan seringkali berebut untuk meraih puncak klasemen.

PSM Makassar sudah mendominasi puncak klasemen sejak kompetisi digelar, PSM kini berada di puncak klasemen dengan Raihan poin 53 dari catatan 15 kali menang, 8 kali hasil seri dan cuma 2 kali kalah. Namun kondisi tersebut nyatanya tidak terlalu menguntungkan PSM, dari 9 laga yang tersisa, PSM masih harus bertemu dengan tim-tim kuat lainnya.

Kondisi berbeda dimiliki oleh Persib Bandung, meski saat ini Persib berada di posisi ke2 klasemen dengan perbedaan 4 poin dari PSM, Persib masih memiliki 1 pertandingan tunda melawan Bhayangkara FC. Selain punya 1 tabungan pertandingan, lawan Persib di sisa pertandingan pun bisa dibilang dapat diprediksi hasil akhirnya. Sehingga peluang Persib untuk meraih gelar musim ini pun masih sama besarnya dengan PSM.

Baca Juga  Link Streaming Liga 1: PSM Makassar di Atas Angin Jelang Duel Kontra Dewa United

Sayangnya, Persib justru kehilangan momen terbesar untuk menjadi juara, yakni kandang dan suporter Persib tak bisa menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Bandung dan Stadion Si Jalak Harupat karena digunakan untuk Piala Dunia U-20.

Para Pemain Persija
Para Pemain Persija

Di sisi lain, Persija Jakarta memiliki persamaan nasib dengan Persib dari segi pertandingan. Persija sama-sama memiliki tabungan 1 laga dengan lawan yang bisa dibilang bisa dihadapi dengan baik oleh Persija. Akan tetapi bukan calon juara namanya jika tidak memiliki masalah seperti yang dihadapi Persib dan PSM.

Persija memang tidak memiliki masalah berarti karena memiliki venue kandang. Namun permasalahan justru berada di skuad Persija. Persija dipastikan kehilangan 9 pemain yang dipanggil oleh Timnas Indonesia U-20. Hal ini membuat Persija harus putar otak jika sewaktu-waktu kehilangan pemainnya karena cedera ataupun masalah lainnya.

 

banner 325x300