NasionalVideo

[VIDEO] Hari Pendidikan Nasional, Partai Golkar: Angkat Semua Guru Honorer jadi ASN

327
×

[VIDEO] Hari Pendidikan Nasional, Partai Golkar: Angkat Semua Guru Honorer jadi ASN

Share this article
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar Mujib Rohmat. Foto: DPR RI
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar Mujib Rohmat. Foto: DPR RI

G24NEWS.TV ,JAKARTA — Anggota Komisi X DPR dari Partai Golkar Mujib Rohmat mengatakan pemerintah harus memikirkan nasib tenaga guru honorer, termasuk opsi untuk mengangkat mereka menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kalau memang tidak ada kepastian kapan diperbaiki secara jelas dan pasti, maka kami meminta supaya hari ini kita pastikan bahwa mereka (guru honorer) diangkat semuanya (menjadi ASN),” ujar Mujib Rohmat pada media.

Menurut dia guru, adalah profesi mulia yang punya peran besar dalam pembangunan kualitas generasi muda bangsa.

“Guru honorer memang bagusnya langsung diangkat saja sebagai PNS,” lanjut politisi dari Partai Golkar ini.

Baca Juga  Wagub Ijeck Berharap Perusahaan Tambang Bawa Manfaat Bagi Masyarakat Sekitar

Politisi Partai Golkar asal Daerah Pemilihan Jawa Tengah I ini mengusulkan pemerintah nanti bertanggung jawab untuk mencarikan dana pembiayaan.

“Konsekuensinya adalah negara yang mencarikan dananya, karena mereka ini pada dasarnya adalah orang-orang yang sudah bekerja untuk negara,” ujar dia.

Pemerintah menurut dia juga perlu memberikan kepedulian pada pendidikan non-formal, karena jalur pendidikan ini juga memberikan kontribusi yang sama besarnya dibanding pendidikan formal.

“Kami kurang puas dengan perhatian pemerintah pada sekolah non-formal. Pemerintah harus bersikap adil dengan perhatian sama, pada sekolah-sekolah lainnya,” ujar dia.

Baca Juga  Adrianus Asia Sidot Dorong Pembentukan Pansus Guru Honorer

Menurut dia, DPR dan pemerintah perlu berkolaborasi bersama Kementerian Pendidikan sebagai mitra kerja terbatas pada fungsi guru dan pendidikan.

“Di lembaga lain juga perlu dilakukan kolaborasi bersama komisi lainnya di DPR. Karena fungsi kepegawaian keuangan gaji para ASN ada Komisi II DPR serta di Komisi XI DPR. Kita perlu lakukan kolaborasi karena fungsi kepegawaian di BKN dan KemenPAN-RB sebagai mitra Komisi II DPR,” ujar dia.

 

banner 325x300