Nasional

BPNT – PKH Cair Mei: Perhatikan Hal Ini Agar Dana Cair Tepat Waktu

257
×

BPNT – PKH Cair Mei: Perhatikan Hal Ini Agar Dana Cair Tepat Waktu

Share this article
Bantuan sosial
Bantuan sosial

G24NES.TV, JAKARTA–Ada kabar baik bagi semua penerima bantuan sosial (Bansos) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Kementerian Sosial, PKH dan BPNT dijadwalkan cair Mei.

Bulan Mei ini menjadi bulan yang bahagia bagi para penerima bantuan sosial (Bansos) karena penyaluran resmi dilakukan pada bulan ini. Bansos yang tersedia adalah PKH atau Program Keluarga Harapan Tahap II tahun 2023 serta BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang kini mulai dicairkan.

Pada tanggal 7 Mei 2023, melalui saluran Youtube Diary Bansos, seorang pemilik saluran yang juga merupakan petugas Pendamping Sosial mengumumkan bahwa bantuan sosial (bansos) telah dicairkan.

Bantuan sosial (bansos) yang telah dicairkan terlebih dahulu adalah bansos PKH dan BPNT bagi penerima yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di bank-bank himbara, kecuali Bank BTN.

Keluarga Penerima Manfaat yang baru dan belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), tinggal di daerah 3T, berada di 514 kabupaten/kota di Indonesia, atau yang memiliki KKS Bank BTN, akan mendapatkan bantuan sosial (bansos) melalui PT Pos Indonesia.

Baca Juga  Bansos PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai akan Cair di Bulan Juli 2023

Hal penting yang perlu diperhatikan KPM

Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diharapkan untuk memperhatikan bahwa pencairan bansos akan dilakukan secara bertahap.

Agar mendapatkan bantuan sosial (bansos), penting untuk memastikan bahwa status penerimaan masih aktif, data yang terdaftar sesuai dengan Dispendukcapil dan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), serta termasuk dalam kategori penerima bantuan sosial (bansos).

Keluarga Penerima Manfaat dapat memeriksa status penerimaan bansos dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos. Aplikasi tersebut disediakan oleh Kementerian Sosial dan dapat diunduh melalui App Store dan Play Store.

Bila seluruh persyaratan terpenuhi dan petugas sudah mengeluarkan surat undangan, penerima manfaat akan mendapatkan undangan dari Pendamping Sosial atau petugas terkait. Melalui undangan tersebut, mereka akan diinstruksikan untuk mengunjungi PT Pos Indonesia dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Baca Juga  DPD Golkar Siap Menangkan Pemilu 2024

Aplikasi Cek Bansos memiliki fungsi tidak hanya untuk memeriksa status penerimaan bantuan sosial, tetapi juga untuk memberikan kemungkinan bagi pengguna untuk menyanggah atau melaporkan penerima yang tidak sesuai. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendaftar ke dalam DTKS agar dapat menerima bantuan sosial sesuai dengan komponen bansos yang ada.

Anda bisa menginstal atau memasang aplikasi tersebut dan melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri yang dibutuhkan untuk membuat akun dan mendaftar pada DTKS.

info grafis bansos beras
info grafis bansos beras

Selain PKH atau Program Keluarga Harapan, Kementerian Sosial juga menangani berbagai jenis bansos seperti BPNT, Yapi untuk bantuan yatim piatu, dan program-program lainnya.

Partisipasi aktif dari masyarakat sangat diharapkan dalam mengawasi penyaluran bansos, dan mereka dapat melaporkan tindakan pelanggaran penerima bansos melalui aplikasi Cek Bansos.

banner 325x300