Nasional

Bansos BPNT Tahap 3 dan 4 Cair Serentak Sebelum Lebaran di Bank Ini, Simak di Sini Infonya

404
×

Bansos BPNT Tahap 3 dan 4 Cair Serentak Sebelum Lebaran di Bank Ini, Simak di Sini Infonya

Share this article
Bantuan pangan non tunai
Bantuan pangan non tunai

G24NEWS.TV, JAKARTA–Di bawah ini informasi mengenai bantuan pangan non-tunai (BPNT) tahap 3 dan 4, simak ya.

Keluarga penerima manfaat program BPNT kini sudah bisa tenang, penyaluran bansos itu untuk tahap 3 dan 4 jadwalnya sudah dipastikan oleh pemerintah.

Sebelumnya, para penerima manfaat (KPM) dari Bansos BPNT sudah mendapatkan bantuan itu untuk tahap 1 dan 2 pada dan Februari 2023. Kini untuk tahap 3 dan 4 sudah ada informasinya.

Akhirnya terungkap bahwa penyaluran BPNT tahap 3 dan 4 akan dilakukan sebelum perayaan Lebaran Idul Fitri 1444 H, bahkan sebagian sudah diberikan kepada penerimanya.

Informasi ini berdasarkan pada status terbaru dalam aplikasi SIKS-NG yang menunjukkan bahwa penyaluran BPNT tahap 3 dan 4, yang merupakan alokasi untuk bulan Maret dan April 2023, akan segera dilakukan di berbagai wilayah Indonesia.

Beberapa keluarga penerima manfaat (KPM) telah menerima bantuan sosial (bansos) BPNT untuk alokasi tahap 3 dan 4, bahkan ada yang hanya menerima untuk satu bulan saja, yaitu alokasi bulan Maret 2023.

Baca Juga  Bamsoet Ajak Kembangkan UMKM Indonesia

Dalam aplikasi SINK-NG online, terlihat bahwa penyaluran BPNT untuk alokasi bulan Maret dan April 2023 telah mengeluarkan SP2D.

Bantuan sosial (bansos) BPNT akan dicairkan melalui bank himbara, yaitu BNI.

Kabar tentang penyaluran bansos BPNT melalui bank BNI tentu menjadi kabar gembira bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki kartu KKS dari bank tersebut, karena mereka akan mendapatkan penyaluran lebih awal.

Penyaluran BPNT kali ini ternyata sesuai dengan prediksi sebelumnya, yaitu akan sama dengan penyaluran pada tahap sebelumnya.

Bantuan Pangan Non Tunai atau Kartu Sembako
Bantuan Pangan Non Tunai atau Kartu Sembako

Seperti pada tahap sebelumnya, penyaluran BPNT kali ini juga akan dicairkan untuk dua tahap dengan nilai Rp400 ribu untuk pemegang kartu KKS, dan akan disalurkan melalui bank himbara.

Saat ini, penyaluran BPNT yang telah mengeluarkan SP2D dari Kementerian Sosial akan dicairkan melalui bank BNI. Namun, bagaimana dengan bank lainnya masih belum diketahui informasinya.

Baca Juga  Gempa M6,4 Yogyakarta, Satu Warga Bantul Meninggal Dunia

Sampai saat ini, belum ada informasi terbaru mengenai penyaluran BPNT melalui bank himbara lainnya seperti Bank BRI, BSI, dan Mandiri.

Sudah terdapat beberapa keluarga penerima manfaat (KPM) yang mendapatkan penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap 2.

Nominal pencairan bantuan PKH pada setiap KPM memang bervariasi, tergantung dari komponen yang dimiliki. Beberapa KPM PKH sudah menerima penyaluran dengan jumlah saldo di kartu KKS sekitar Rp600 hingga Rp900 ribu.

Saat ini, belum ada informasi resmi mengenai penyaluran bantuan program keluarga harapan (PKH) tahap 2 di aplikasi SIKS-NG. Oleh karena itu, bagi KPM yang belum menerima bantuan baik BPNT maupun PKH, diharapkan untuk bersabar menunggu informasi selanjutnya.

Apabila ingin mengetahui status penyaluran bantuan sosial di aplikasi SIKS-NG, dapat menanyakan kepada pendamping sosial atau operator SIKS-NG di desa atau kelurahan masing-masing.

banner 325x300