Nasional

Bansos Bulan Mei, Cek KKS Sekarang, PKH Tahap 2 Cair Serentak Melalui Bank Ini

167
×

Bansos Bulan Mei, Cek KKS Sekarang, PKH Tahap 2 Cair Serentak Melalui Bank Ini

Share this article
Bantuan sosial
Bantuan sosial

G24NEWS.TV, JAKARTA–Setelah Bank BRI mencairkan dana bansos Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditunggu-tunggu, kini pada Mei giliran Bank BNI, Mandiri, dan BSI yang akan segera menyusul untuk mencairkan dana tersebut secara serentak.

Sejak hari Senin kemarin tanggal 1 Mei 2023, penyaluran PKH tahap 2 telah dimulai melalui kartu KKS merah putih di dua bank selain Bank BRI yang telah lebih dulu mencairkan dana.

PKH tahap 2 yang telah terlihat tersalurkan adalah dari Bank BNI yang menyusul bank lainnya. Sepertinya minggu ini, pencairan melalui Bank BNI akan menjadi yang paling banyak, diikuti oleh Bank Mandiri di pekan depan dan Bank BSI setelahnya.

Baca Juga  Erwin Aksa Soal Dukungan Budiman Sudjatmiko pada Prabowo: Saatnya Bersatu Membangun Negeri 

Penyaluran PKH tahap 2 melalui kartu KKS Bank BNI yang telah terlihat tersalurkan mencakup wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kalimantan, Jambi, dan sekitarnya.

Kementerian Sosial mengirimkan surat yang berisi informasi penting terkait kewajiban para KPM untuk memegang kartu KKS mereka sendiri.

Disamping itu, terdapat peraturan yang menyatakan bahwa tidak diwajibkan untuk membelanjakan bantuan sembako atau BPNT di warung tertentu.

Berikut adalah rincian dari dua peraturan penting yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial.

  1. Wajib untuk kartu KKS dipegang oleh KPM sendiri.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi dugaan praktik pungutan liar, yang dapat dilakukan oleh pendamping sosial, ketua kelompok, atau perangkat desa.

  1. Kementerian Sosial telah mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 5 Tahun 2021, yang menyatakan bahwa bantuan sembako atau BPNT tidak harus dibelanjakan di warung tertentu.
Baca Juga  British Council Buka Beasiswa S2 Khusus Perempuan di Inggris, Tanpa Syarat IELTS Lho

Oleh karena itu, saat ini bantuan BPNT dapat dicairkan secara tunai melalui ATM dengan bank penyalur BRI, BNI, Mandiri, dan BSI.

Para KPM BPNT tidak diwajibkan untuk membelanjakan bantuan mereka di warung tertentu.

Jika ada pihak yang memaksa mereka untuk berbelanja di tempat tertentu dilaporkan ke pihak yang berwenang.

Aturan ini telah sah dan memiliki kekuatan hukum tetap, sehingga para KPM tidak perlu khawatir tentang segala sesuatu yang dapat merugikan mereka sendiri.

banner 325x300