Ekonomi

Alien Mus Dorong Pemerintah Beralih ke Produksi Pangan Lokal

317
×

Alien Mus Dorong Pemerintah Beralih ke Produksi Pangan Lokal

Share this article
Anggota DPR RI Fraksi Golkar Alien Mus
Anggota DPR RI Fraksi Golkar Alien Mus

G24NEWS.TV, JAKARTA — Anggota Komisi IV DPR RI Alien Mus mendorong pemerintah mulai fokus memproduksi pangan lokal seiring tingginya ketergantungan impor pangan Indonesia dan inflasi yang mulai terjadi di negara pengeskpor bahan pangan.

Vietnam, salah satu negara eksportir beras ke Indonesia rencananya akan memangkas nilai ekspor secara signifikan pada 2030.

Pemerintah Diminta Mengurangi Ketergantungan Impor Bahan Pangan secara Perlahan

Politisi Golkar itu menyoroti ketergantungan impor pangan Indonesia yang dinilai cukup tinggi dan mendorong pemerintah untuk mulai mengurangi ketergantungan impor bahan pangan secara perlahan.

Baca Juga  Menperin Ajak Industri Dukung Pengembangan Kendaraan Listrik

Inflasi yang mulai terjadi di negara eksportir bahan pangan, kata Alien Mus, memungkinkan negara tersebut menghentikan ekspor bahan pangan.

Gambar padi
Gambar padi

Ia meminta pemerintah beralih ke produksi pangan lokal dan optimistis Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

“Saya mengharapkan bahwa Indonesia bisa mandiri (secara pangan), bisa berdiri sendiri,” ujar Anggota DPR RI Fraksi Golkar itu yang dilansir dari TVR Parlemen.

Baca Juga  Legislator Golkar Dorong UMKM Naik Level

Alien Mus optimis dengan kondisi Indonesia yang subur dan makmur dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dengan kualitas terbaik.

Ada beberapa komoditas pangan yang masih diimpor selama Maret-Mei 2023 yakni kedelai, beras, bawang putih dan lain-lain.

banner 325x300