Ekonomi

Indef: Kemenangan Prabowo-Gibran Satu Putaran Dapat Gairahkan Investasi di Indonesia

68
×

Indef: Kemenangan Prabowo-Gibran Satu Putaran Dapat Gairahkan Investasi di Indonesia

Share this article
Presiden RI Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Foto: Kemhan
Presiden RI Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Foto: Kemhan

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai kemenangan satu putaran pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran dapat menggairahkan investasi di Indonesia.

“Di bawah kepemimpinan calon presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto, investasi di Indonesia akan semakin moncer,” katanya di Jakarta, Minggu (24/3/2024).

Dia menjelaskan keyakinan itu tercermin dari banyaknya pemimpin negara di dunia, yang mengucapkan selamat kepada Prabowo sejak awal dinyatakan menang sekali putaran di Pilpres 2024 versi penghitungan cepat atau quick count hingga hasil resmi rekapitulasi nasional KPU, sehingga hal itu dipercaya dapat meningkatkan kemitraan strategis bagi ekonomi Indonesia.

Berpikir Global dan Strategis

Menurut dia, Prabowo memiliki keunggulan dari cara berpikirnya yang global dan strategis, sehingga menjadi daya tarik dan membuat para investor tidak ragu menanamkan investasinya ke Indonesia, meski di tengah situasi ekonomi global yang lesu.

Baca Juga  Ketum Golkar Kembali Ingatkan Seluruh Kader Terus Berperan Pulihkan Ekonomi Nasional

Lanjut dia, kelak jika Prabowo resmi dilantik menjadi presiden bersama wakilnya Gibran Rakabuming, mereka dipercaya mudah meyakinkan investor global dengan ide-ide strategis dalam membangun Indonesia maju ke depan yang disampaikan melalui forum-forum internasional.

“Prabowo sering mengisi forum-forum internasional, gampang lah kalau misalkan mau menyampaikan hal-hal strategis Indonesia ke dunia internasional,” ujarnya, seperti dilansir dari Antara.

Bahkan kata dia, Prabowo dalam forum internasional juga sering tampil, sering menyampaikan ide-ide strategis apalagi bisa diartikulasikan langsung. Dengan kemampuan bahasa asing Prabowo bagus sekali, bikin percaya diri investor.

Baca Juga  Lembaga Survei Indonesia: Tiga Kali Debat, Prabowo dan Gibran Paling Baik dan Meyakinkan

Eko menyarankan untuk dapat menaikkan investasi yang masuk ke Indonesia secara deras, pemerintah Prabowo-Gibran juga harus menekan angka indeks Incremental Capital Output Ratio (ICOR) Indonesia di bawah angka pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini yakni sebesar 5 persen.

“Tentu usaha Pak Prabowo agar investasi terus mengalir bahkan lebih deras kalau ICOR kita harus lebih diredupkan, ini sudah angkanya sudah 6,7 persen tinggi sekali, harus dikembalikan setidaknya 4 persen lah jangan ini jangan sampai lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi ICOR nya,” pesannya.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300