Ekonomi

Wamendag Sebut IA-CEPA Mudahkan Industri Indonesia

207
×

Wamendag Sebut IA-CEPA Mudahkan Industri Indonesia

Share this article
Wamendag Sebut IA-CEPA Mudahkan Industri Indonesia
Wamendag Sebut IA-CEPA Mudahkan Industri Indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Wamendag RI Jerry Sambuaga menyatakan, IA-CEPA memudahkan industri Indonesia mendapatkan pasokan bahan baku dan mendorong peningkatan investasi di sektor-sektor baru.

Mulai dari kesehatan, teknologi informasi, industri Indonesia sektor manufaktur, energi, dan pendidikan tinggi.

Wamendag RI mengapresiasi dampak positif Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement/IA-CEPA).

Menurutnya, IA-CEPA makin memberikan keuntungan bagi kedua negara di berbagai bidang.

Hal itu disampaikan di sela-sela rangkaian Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN ke-55.

Saat itu, Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga melakukan pertemuan bilateral dengan Asisten Menteri Urusan Luar Negeri Australia, Tim Watts di Semarang, Jawa Tengah, Senin (21 Agt).

Selain IA-CEPA, dalam pertemuan ini turut dibahas pembentukan RCEP Support Unit (RSU) di Sekretariat ASEAN.

Baca Juga  Tokoh Golkar Kaswadi Razak Luncurkan Gerakan Panen Pangan Cepat Atasi Inflasi

Wamendag mengharapkan dukungan Australia untuk menyepakati pengesahan dokumen kerangka acuan (Terms of Reference/TOR) dan pengaturan pendanaan (Funding Arrangement) pembentukan RSU pada Pertemuan Para Menteri RCEP ke-2.

Pada pertemuan ini, Wamendag RI didampingi oleh Direktur Perundingan Bilateral, Johni Martha.

IA-CEPA adalah persetujuan kemitraan ekonomi yang komprehensif antara Indonesia dengan Australia, dengan prinsip dasar kemitraan yang saling menguntungkan secara berimbang. Kemitraan ini akan memperkuat hubungan ekonomi Indonesia dan Australia dalam jangka waktu yang panjang. Kemitraan baru Indonesia – Australia diarahkan membentuk “Economic Powerhouse” di kawasan, dengan menggabungkan kekuatan kedua negara. IA-CEPA ditandatangani oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita pada tanggal 4 Maret 2019.

Baca Juga  Wamendag Jerry Sambuaga Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan

Manfaat Utama IA-CEPA:

Memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing bagi produk-produk pertanian, perikanan, industri, dan kehutanan;

Memperluas akses pasar dan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia. IA-CEPA dapat memfasilitasi Indonesia untuk meningkatkan standar kualitas tenaga kerja bertaraf internasional;

Meningkatan investasi dua arah antara Indonesia dan Australia. Indonesia dapat menjadi tujuan yang menarik bagi investor-investor Australia, di berbagai sektor. Di sisi lain investor Indonesia di Australia akan lebih percaya diri dan mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam menanamkan modalnya;

Meningkatkan kerja sama yang lebih luas untuk mengoptimalkan pemanfaatan perjanjian. IA-CEPA dapat memfasilitasi peningkatan perdagangan yang berkelanjutan melalui ‘Economic Cooperation’ dalam kerangka IA-CEPA.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300