Ekonomi

Wamendag Jerry Sambuaga Luruskan Kampanye Negatif Sawit ke India

207
×

Wamendag Jerry Sambuaga Luruskan Kampanye Negatif Sawit ke India

Share this article
Wakil Menteri Perdagangan dan Ketua Umum AMPI Jerry Sambuaga. Foto: Kemendag
Wakil Menteri Perdagangan dan Ketua Umum AMPI Jerry Sambuaga. Foto: Kemendag

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Kelapa Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) memperkuat komunikasi dengan India sebagai salah satu negara konsumen sawit terbesar dunia.

Ketua Umum AMPI ini mengatakan komunikasi kolaborasi perlu dibangun dengan negara konsumen untuk memastikan akses pasar yang berkelanjutandan memenuhi kebutuhan konsumen.

“Hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan permintaan yang kuat terhadap produk minyak kelapa sawit,” jelas Jerry Sambuaga, saat memimpin delegasi Indonesia dalam Misi Bersama CPOPC ke India, yang digelar tanggal 27 – 29 September 2023.

Dia mengatakan salah satu agenda utama padahari pertama misi adalah The 2ndSustainability Vegetable Oil Conference (SVOC) di Mumbai, India pada hari ini, Rabu (27/9).

Baca Juga  Wamendag Sebut Bisnis Inklusif Strategi Ampuh Pertumbuhan Ekonomi

“CPOPC berupaya membangun komunikasi dan kolaborasi dengan India,” ujar politisi Partai Golkar ini dalam keterangan resmi Kementerian Perdagangan, dikutip Kamis (28/9/2023).

Dalam pertemuan itu, dia mengatakan keterlibatan proaktif dengan negara konsumen minyak nabati terbesar di dunia seperti India merupakan upayauntuk mempertahankan kehadiran pasaryang kuat di Asia Selatan.

Selain itu, menjagastabilitas permintaan minyak kelapa sawitdanmemenuhi kebutuhan konsumen, sekaligus berkontribusi menjaga keamanan pangan global dan memenuhi permintaan energi dari sumber nabati.

Wamendag Jerrymenjelaskan,misiini juga bertujuan untuk memberikan informasi faktual tentang praktik sawit yang berkelanjutan danmenjelaskan kontribusi industri sawit terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Baca Juga  Kemendag Siapkan Transformasi Kebijakan Perdagangan

Luruskan Kampanye Negatif

Hal ini penting untuk meluruskan kampanye negatif yang ditujukan kepada industri kelapa sawit karena sering kali dianggap sebagai penyebab deforestasidan degradasi yang mengakibatkan perusakan lingkungan.

“Baru-baru ini, kebijakan European Union Deforestation-free Regulation (EUDR) yang diterapkan Uni Eropaber potensi menghambat ekspor produk sawit Indonesia ke pasar Eropa.

“Untuk itu, kami menyambut baik pembentukan Satuan Tugas Bersama(Joint Task Force) antara Indonesia, Malaysia, dan Uni Eropa, dalam memperkuat kerja samaterkait implementasi EUDR”.

“Satgasini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan komoditas secara inklusif, transparan, objektif dan adil,”tutur Wamendag Jerry.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300