Ekonomi

Jerry Sambuaga Dorong UMKM Manfaatkan Program Pendampingan Ekspor Pemerintah

189
×

Jerry Sambuaga Dorong UMKM Manfaatkan Program Pendampingan Ekspor Pemerintah

Share this article
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto: Ist
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memandaatkan program pendampingan ekspor Pemerintah.

Dia mengatakan Kementerian Perdagangan sendiri memiliki program pendampingan ekspor (Export Coaching Program) untuk pelaku UMKM yang berorientasi ekspor di 12 provinsi.

“Melalui proses seleksi dan verifikasi, pelaku usaha yang terpilih akan mendapatkan pendampingan selama setahun,” sambung Wamendag Jerry.

Fasilitasi yang lain, imbuhWamendag Jerry, adalah penjajakan kesepakatan bisnis (business matching).

“Kementerian Perdagangan memiliki 46 perwakilan perdagangan yang siap bersinergi membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Perwadag bukan berjualan, tapi dapat memberikan informasi pasar”.

“Seperti karakteristik masyarakat atau spesifikasi produk yang dibutuhkan, memfasilitasi pertemuan dengan pelaku usaha setempat dan keikutsertaandi pameran,” jelas Wamendag Jerry.

“Kementerian Perdagangan memiliki target untuk meningkatkan kinerja ekspor nonmigas,” sambung Wamendag Jerry Sambuaga usai meninjau stan UMKM dalam pameran Discover North Sulawesi yang dihelat di Hotel Borobudur, Jakarta, pekan lalu.

Baca Juga  Jerry Sambuaga: Kunci Ketahanan Pangan dan Stabilitas Harga Adalah Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah

Dia mengemukakan keberpihakan pemerintah untuk UMKM ditunjukkan melalui regulasi dan fasilitasi.

Tidak hanya meninjau, Wamendag Jerry juga membeli sejumlah produk yang dipamerkan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap UMKM Sulawesi Utara.

Dia menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah dan pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM).

Dia mengatakan Pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi mendukung dan menyediakan fasilitasi untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sinergi, jelasnya, akan menjadi kegiatan bisnis UMKM semakin efisien karena target yang ditetapkan sejalan dengan program Pemerintah, sehingga dapat membantu, seperti dari sisi pemasaran.

Discover North Sulawesi

Sementara itu, Discover North Sulawesi adalah program kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan Hotel Borobudur Jakarta untuk menyambut HUT Emas ke-50 Hotel Borobudur pada 2024 mendatang.

Baca Juga  Indonesia Perluas Akses Pasar Pariwisata dengan Negara Lain

Selain itu, juga dalam rangka memeriahkan HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara yang jatuh pada 23 September 2023.

Data BPS pada Agustus 2023 menunjukkan, nilai ekspor Sulawesi Utara Agustus 2023 mencapaiUSD 64,27 juta atau turun 15,50 persen dibandingkan Juli 2023.

Nilai impor Sulawesi Utara Agustus 2023 mencapai USD 8,6juta atau turun 62,64 persen dibanding Juli 2023. Dengan demikian, neraca perdagangan Sulawesi Utara membukukan surplus USD 34,86 juta.

Tujuan ekspor Sulawesi Utara pada Agustus 2023 Amerika Serikat,Belanda, Malaysia.Sementara, asal impor didominasi Singapura, Thailand dan Australia.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300