Ekonomi

Kemendag Siapkan Transformasi Kebijakan Perdagangan

171
×

Kemendag Siapkan Transformasi Kebijakan Perdagangan

Share this article
Kemendag Siapkan Transformasi Kebijakan Perdagangan
Kemendag Siapkan Transformasi Kebijakan Perdagangan

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyampaikan, Kementerian Perdagangan tengah melakukan transformasi kebijakan perdagangan.

Kebijakan ini, difokuskan pada deregulasi kebijakan, digitalisasi perizinan, serta integrasi sistem perizinan dengan kementerian/lembaga terkait melalui Indonesia National Single Window (INSW).

Hal itu disampaikan saat menjadi salah satu pemateri pada kegiatan North Sulawesi Investment Forum 2023 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (8 Agt).

Wamendag menambahkan, semua formulasi kebijakan perdagangan yang dirumuskan oleh Kementerian Perdagangan selalu difokuskan untuk kepentingan nasional dan memberikan manfaat bagi masyarakat, utamanya pelaku UMKM.

Untuk menunjang peningkatan ekspor, khususnya bagi UMKM di Provinsi Sulawesi Utara, Kementerian Perdagangan memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan untuk pelatihan dan Pengembangan ekspor melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan. Para UMKM orientasi ekspor juga dapat menghubungi perwakilan dagang Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga  Relawan Prabowo–Gibran Yakin Prabowo Akan Majukan Koperasi dan UMKM

Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey; Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia, Destry Damayanti; Sekretaris Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati; Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Anggara Hayun Anujuprana; dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang.

Dr. Jerry Sambuaga adalah Wakil Menteri Perdagangan pada Kabinet Indonesia Maju. Ia diangkat sebagai Wakil Menteri Perdagangan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Oktober 2019.

Ketertarikannya terhadap politik di Indonesia membuat Dr. Jerry Sambuaga mempelajari dan menekuni ilmu politik dari jenjang S1, S2, sampai S3. Dr. Jerry meraih gelar Bachelor of Arts in Politics dari University of San Francisco, kemudian ia meraih gelar Master of International Affairs (MIA) in International Security Policy dari School of International and Public Affairs (SIPA), Columbia University, New York AS dan meraih gelar Doktor dalam Ilmu Politik dari Universitas Indonesia.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Pemerintah Gunakan Data Terbaru Alokasikan Bantuan Beras Tahun Depan

Sebelum diangkat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Dr. Jerry Sambuaga merupakan Anggota Komisi I DPR RI dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara yang membidangi hubungan internasional, pertahanan, intelijen, komunikasi dan informasi. Disamping itu, ia merupakan seorang Dosen FISIP, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Politik di Universitas Pelita Harapan, Universitas Sam Ratulangi, London School of Public Relations, Universitas Pertamina, Universitas Paramadina, dan Universitas Indonesia.

Dr. Jerry juga memiliki sebuah perusahaan konsultasi, The Zoom Strategist, yang secara khusus mengkaji kebijakan dan strategi di dalam bidang politik dan pemerintahan. Di sela kesibukannya, Dr. Jerry juga aktif menulis di Harian Umum Suara Pembaruan sebagai Kolumnis.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300