Daerah

Upi Isabella Rea: Perlu Lebih Banyak Perempuan dalam Kebijakan Publik

1147
×

Upi Isabella Rea: Perlu Lebih Banyak Perempuan dalam Kebijakan Publik

Share this article
Bacaleg Golkar Gunung Kidul Upi Isabella Rea
Bacaleg Golkar Gunung Kidul Upi Isabella Rea

G24NEWS.TV, JAKARTA — Upi Isabella Rea, salah satu tokoh perempuan muda, membeberkan alasannya maju sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya adalah mendorong keterlibatan perempuan dalam kebijakan publik.

Upi Isabella Rea merasa beruntung bisa menjadi bacaleg, karena ini adalah kesempatan yang tidak bisa diperoleh semua orang. 

“Ketika kesempatan datang menghampiri, maka segera saya tangkap. Kita tahu bahwa kesempatan tidak datang dua kali,” kata Upi Isabella Rea pada G24NEWS.TV. 

Upi berterimakasih pada Partai Golkar yang terbuka menerima pencalonan dirinya. Dia ditempatkan di Dapil 7 Yogyakarta, yang terdiri dari Kabupaten Gunung Kidul.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih atas keterbukaan Partai Golkar menerima dan memberikan saya kesempatan belajar.”

“Bersama untuk membangun Indonesia, mulai dari bacaleg hingga tahapan akhir nanti.” ujarnya.

Dia juga menganggap pencalonan dirinya merupakan pengakuan terhadap kapasitasnya secara akademik yang mampu menyelesaikan pendidikan hingga memeroleh gelar doktor dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Upi juga peserta Executive Education for Young Political Leaders angkatan ke-11 itu berhasil meraih predikat peserta terbaik.

Baca Juga  Wasekjen Golkar Jabar Ajak Warga Tumbuhkan Kemandirian Ekonomi

“Kedua pengakuan itu menjadi kombinasi yang menguatkan saya maju sebagai bacaleg,” tutur dia.

Upi mengaku punya visi utama mengapa maju dalam kontestasi Pileg 2024, karena dia punya impian soal pelayanan masyarakat yang harus diwujudkan. Pelayanan pada masyarakat itu ingin dia wujudkan melalui karya bagi masyarakat di daerah pemilihannya.

“Saat pelatihan di Golkar Institute Maret 2023 lalu, kami sebagai peserta diingatkan untuk selalu peduli terhadap masalah-masalah masyarakat di sekitar, khususnya di dapil kami.” jelasnya.

Partai Golkar, Partai dengan Segudang Pengalaman Membangun Indonesia

Pilihan Upi untuk menjalani karir politiknya jatuh pada Partai Golkar, karena partai ini memiliki sejarah panjang membangun Indonesia.

“Dalam Partai Golkar, kita bisa menyaksikan bahwa orang yang tadinya bukan siapa-siapa ternyata bersama-sama dapat berkolaborasi untuk membangun rakyat,” lanjutnya.

Sebagai partai yang membangun Indonesia sejak awal, lanjut Upi, Partai Golkar tentu memiliki segudang pengalaman serta para teknokrat di dalamnya.

“Para teknokrat yang memahami permasalahan bangsa dan mampu memberikan solusinya,” tutur Upi.

Baca Juga  Partai Golkar: Warga Jangan Jual Lahan di Sekitar IKN, Itu Investasi Potensial 

Menurutnya, apabila berorientasi membangun Indonesia, Partai Golkar merupakan pilihan yang sangat tepat.

Dorong Keterlibatan Perempuan

Sebagai bacaleg baru dan pemula, Upi Isabella menggunakan kesempatan pencalonan untuk menyambung perjuangan rakyat salah satunya dengan mendorong keterlibatan perempuan dalam kebijakan publik.

Bacaleg Golkar Gunung Kidul Upi Isabella Rea
Bacaleg Golkar Gunung Kidul Upi Isabella Rea

“Saya tidak bisa mengklaim bahwa saya telah melakukan sesuatu. Saya jujur dan apa adanya menyambut kesempatan untuk maju sebagai bacaleg ini semata-mata untuk menyambung perjuangan rakyat untuk membangun Indonesia,” ungkapnya.

Keterlibatan peran perempuan akan ia dorong semakin masif, salah satunya melalui pembangunan SDM perempuan di dapil Gunung Kidul.

“Khususnya yang melibatkan peran perempuan semakin masif, seperti pembangunan SDM perempuan di dapil saya (Gunung Kidul), penanganan stunting, pendidikan dan mendorong percepatan penyediaan infrastruktur digital bagi Gen Z,” jelasnya.

Apabila terpilih, ia tentu terikat kontrak batin untuk memenuhi kebutuhan pembangunan rakyat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, menurut dia perlu mewujudkan 4C, yaitu critical thinking, creativity, collaboration dan communication bersama anggota legislatif lainnya.

“Saya harus 4C dalam mewujudkannya,” pungkasnya.

banner 325x300