Headline

Airlangga Hartarto Tegaskan Target Partai Golkar: 20 Persen Kursi di Pileg 2024

229
×

Airlangga Hartarto Tegaskan Target Partai Golkar: 20 Persen Kursi di Pileg 2024

Share this article
Golkar Targetkan 20 Persen Kursi di Pileg 2024
Golkar Targetkan 20 Persen Kursi di Pileg 2024

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan target meraih 20 persen kursi di DPR atau setara 126 kursi pada Pemilihan Umum Anggota Legislatif atau Pileg 2024 mendatang. 

“Jadi target kursi Partai Golkar adalah 20% dan perkiraan hari ini sekitar 126 kursi di DPR RI di Pileg 2024,” ujar Airlangga Hartarto dalam sebuah acara bersama para fungsionaris Partai Golkar akhir pekan lalu. 

Dalam silaturahmi tersebut, para fungsionaris juga mendapatkan paparan tentang strategi yang akan dilakukan Partai Golkar dalam Pemilu 2024 mendatang. Termasuk jadwal tahapan Pemilu yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Partai Golkar juga akan menyaring para fungsionaris dari sebelumnya 200 persen menjadi 150 persen dari bacaleg yang akan dicalonkan pada Mei 2023. 

Baca Juga  Ini Pesan DPD Golkar Cilegon kepada Bacaleg, Siap Tempur Menangkan Pemilu

“Partai Golkar hari ini mengumpulkan fungsionaris sebanyak 200 persen, atau 1.160  orang,” ujar Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. 

Menurut dia, Partai Golkar kini sudah punya fungsionaris tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota sebanyak 40.304 orang.  “Angkanya dimulai dengan 4 diakhiri dengan 4, karena Golkar nomor 4,” kata Airlangga. 

Tiga Syarat 

Para pengamat menilai target kemenangan 20 persen bagi Partai Golkar cukup realistis. Menurut peneliti BRIN Lili Romli, partai Golkar selama ini selalu masuk papan atas hasil survei elektabilitas. Partai Golkar juga punya sumber daya manusia partai yang mumpuni, selain juga solid dan tidak punya konflik internal. Modal politik ini harus bisa digunakan secara optimal dalam Pemilu 2024 hingga bisa meraih kemenangan. 

Baca Juga  Masyarakat Nilai Pemprov DKI Lambat Atasi Persoalan Sampah Pantai Marunda

“Rekrutmen calon anggota legislatif juga menentukan berhasil atau tidaknya target itu,” ujar dia. 

Pengamat Politik Cecep Hidayat menilai mesin politik Partai Golkar sudah terbiasa bekerja keras, khususnya di tingkat daerah. Menurut dia, caleg partai ini memegang peran yang dominan dalam menentukan kesuksesan partai, ketimbang efek ekor jas calon presiden yang akan ditentukan bersama koalisi. 

Karena itu, besar kecil dukungan pada Partai Golkar menurut dia ditentukan oleh kader sendiri alih-alih mengharap adanya coat tail effect dari calon lain. 

“Mesin partai golkar di daerah yang bekerja keras menopang kerja di tingkat nasional,” ujar dia. 

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

 

 

banner 325x300