EkonomiHeadline

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Diresmikan, Kado HUT ke-78 RI untuk Sukabumi

192
×

Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Diresmikan, Kado HUT ke-78 RI untuk Sukabumi

Share this article
Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak (Foto by: Kementerian PUPR)
Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak (Foto by: Kementerian PUPR)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (3/8). Tak hanya itu, diresmikannya Tol Bocimi merupakan kado HUT ke-78 RI, khususnya bagi Kabupaten Sukabumi.

“Ya ini kado ulang tahun kemerdekaan (RI) yang ke-78 ke Provinsi Jawa Barat, khususnya Sukabumi,” ujar Jokowi dalam peresmian di Sukabumi tersebut, Jumat, 4 Agustus 2023.

Saat peresmian, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pembangunan Tol Bocimi ruang Cigombong-Cibadak menelan anggaran Rp3,2 triliun.

Alhamdulillah pada hari ini jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun,” jelas Jokowi.

Baca Juga  Hetifah: Data yang Lengkap Penting dalam Penyusunan Kebijakan Publik

Tol Bocimi, kata Jokowi, akan memangkas waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang biasanya ditempuh dalam waktu lima sampai enam jam.

“Biasanya (perjalanan) 5 jam. Jadi 2 atau 2,5 jam,” ungkapnya.

Peresmian Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (4/8)
Peresmian Tol Bocimi oleh Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi juga menyampaikan keberadaan Tol Bocimi mempermudah mobilitas orang dan barang ke sejumlah tempat di selatan Jawa. Beberapa tempat di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu dan Ciletuh merupakan kawasan wisata.

“Kita harapkan nantinya dengan selesainya ruas jalan ini, nani kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampe 5 jam, kadang bisa sampe 6 jam. Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam,” tuturnya.

Baca Juga  Posisi Ridwan Kamil di Partai Golkar Segera Diumumkan Airlangga Hartarto 

Selain itu, Presiden juga mengatakan bahwa Jawa Barat menduduki rangking pertama untuk investasi berdasarkan survei dari investor.

“Alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” ujarnya.

banner 325x300