Politik

Tokoh Sulsel Erwin Aksa Jadi Wakil Ketua TKN Prabowo di Pilpres 2024

158
×

Tokoh Sulsel Erwin Aksa Jadi Wakil Ketua TKN Prabowo di Pilpres 2024

Share this article
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa. (Foto G24NEWS)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa. (Foto G24NEWS)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Erwin Aksa mendapatkan amanat menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024 bersama dengan lima tokoh masyarakat dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Erwin Aksa diyakini mampu mendongkrak dukunga suara dari masyarakat Sulsel untuk kemebangan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Umum tahun depan.

Pengumuman nama Erwin Aksa disampaikan oleh  Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan Senin (6/11/2023) sore.

Dia masuk TPN Prabowo dari perwakilan pimpinan DPP Partai Golkar, sedangkan di internal partai, keponakan Wakil Presiden Indonesia 2004-2009 dan 2014–2019 ini adalah Wakil Ketua Umum DPP Golkar bidang penggalangan strategis.

Sementara itu, total Wakil Ketua TKN Prabowo dari unsur partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebanyak 22 orang. Umumnya, berasal dari sekretaris jenderal dan wakil ketua umum di parpolnya masing-masing.

Baca Juga  KPU Longgarkan Batas Waktu PSU Paniai Papua Tengah dan Simeulu Aceh

Selain Erwin Aksa, tokoh Sulsel yang juga masuk dalam TPN Prabowo-Gibran, meliputi Ketua Umum Gelora Anis Matta dan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng.

Kemudian, Ketua Badan Hukum dan HAM DPP Golkar Supriansa dan mantan Ketua PB HMI Muhammad Arif Rosyid Hasan.

Karir Politik Erwin Aksa

Karir politik Erwin Aksa Mahmud di Partai Golongan Karya (Golkar) dimulai dari tahun 2004, saat menjadi Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan pada periode 2004-2009.

Komisaris Utama di Bosowa Group ini juga pernah menjadi Wakil Bendahara Umum periode 2009-2014. Wakil Sekertaris Jendral Bidang Industri dan Perdagangan di periode 2014-2019.

Pada periode 2016-2018 Erwin Aksa menjabat sebagai Ketua Bidang Perdagangan dan Industri . Sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), dia mengemukakan gagasan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan kejuruan (vokasi).

Baca Juga  Perhatian Terhadap Hilirisasi Jadi Sentimen Positif Masyarakat Kepada Erwin Aksa

Erwin dan Partai Golkar mendorong pengembangan kualitas pendidikan vokasi karena padat melahirkan generasi berkualitas dan memiliki daya saing.

Dia menjabat sebagai  Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia pada periode 2008-2011.

Saat menjadi Ketua Umum Hipmi, Erwin membuat gerakan entreprenurships masal yang akhirnya secara resmi dilakukan oleh Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, pada saat  presentase pengusaha di Indonesia sangat sedikit.

Di era Pemeritahan SBY tahun 2010 hingga 2014, dia menjadi tokoh muda yang masuk dalam jajaran Komite ekonomi Nasional (KEN).

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300