EkonomiHeadline

Komitmen Erwin Aksa: Ketimpangan Sosial di Jakarta Harus Berkurang

207
×

Komitmen Erwin Aksa: Ketimpangan Sosial di Jakarta Harus Berkurang

Share this article
Erwin Aksa Jakarta 3 turunkan kesenjangan
Erwin Aksa calona anggota DPR dari dapil Jakarta 3 berkomitmen turunkan kesenjangan di Jakarta. (Foto G24NEWS.TV)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Erwin Aksa, Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang kini menjadi calon anggota legislatif (caleg) dapil Jakarta 3 menyatakan bahwa ketimpangan sosial di kota ini harus dikurangi. 

Jakarta, kata dia adalah rumah bagi semua, karena itu seluruh warganya harus mendapatkan kehidupan yang lebih baik, lebih adil dan sejahtera.

“Seperti yang kita lihat, hari ini terkhususnya di Kota Jakarta banyak sekali ketimpangan sosial yang harus segera kita benahi secara bersama-sama. 

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) memang menunjukkan bahwa tingkat ketimpangan di Jakarta justru meningkat pada 2023 ini, meski angka kemiskinan turun.

Dengan demikian, gap antara pendapatan penduduk pada kelas bawah dan kelas atas justru semakin tinggi

Angka ketimpangan naik jadi 0,431 persen pada Maret 2023 meski penduduk miskin tinggal 477.830 orang atau turun hingga 3,46 persen dibanding September 2022 yang tercatat 494.930 orang.

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Partai Koalisi Berhasil Jaga Stabilitas Politik dan Ekonomi Indonesia

Dibandingkan periode September 2022, pada periode Maret 2023 ini distribusi penduduk pada kelompok pengeluaran 40 persen terbawah turun 0,60 persen menjadi 16,39 persen.

“Jakarta ini adalah rumah kita semua dan seluruh warganya harus bisa mendapatkan kehidupan yang lebih adil, baik dan sejahtera,” ujar Erwin. 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh ERWIN AKSA (@erwinaksa.dki)

Erwin mengajak, semua pihak berjuang dengan semangat dan kerja keras menghilangkan ketimpangan di Jakarta. 

“Saya sangat yakin bahwa Kota Jakarta ini bisa terus berkembang dan kesenjangan sosial mulai hilang dengan adanya pemerataan ekonomi yang baik di masyarakat,” ujar dia. 

Mudah-mudahan, kata Erwin, gagasan untuk mewujudkan Jakarta yang lebih adil ini membuahkan hasil yang baik untuk kemajuan.

Kualitas Sumber Daya Manusia Harus Meningkat 

Sebelumnya Erwin Aksa juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) terutama angkatan kerja di Jakarta untuk bisa sesuai dengan kebutuhan industri. 

Baca Juga  Airlangga Hartarto: Indonesia Optimistis Hadapi 2023

Kondisi Jakarta saat ini sudah ditinggal pabrik-pabrik ke wilayah sekitarnya, padahal sebelumnya kota ini adalah primadona para investor untuk membangun pusat produksi.

Gudang-gudang menurut dia juga terlihat kosong.  

“Saya ingin menyampaikan bahwa terkait dengan lapangan pekerjaan dan indeks kualitas pembangunan manusia di Jakarta ini harus diubah secara besar-besaran,” ujar Erwin Aksa dalam sebuah pertemuan dengan warga di Jakarta Barat. 

Menurut Erwin, yang menjadi calon anggota legislatif dari dapil Jakarta III, saat ini dunia industri membutuhkan SDM dengan kualitas tinggi yang memiliki banyak skil.

Karena itulah perlu diperbanyak pusat-pusat pendidikan vokasional, agar ada peningkatan keterampilan angkatan kerja.

Dengan demikian menurut Erwin Aksa ketimpangan sosial di Jakarta bisa dikurangi. 

banner 325x300