Politik

KPU Longgarkan Batas Waktu PSU Paniai Papua Tengah dan Simeulu Aceh

58
×

KPU Longgarkan Batas Waktu PSU Paniai Papua Tengah dan Simeulu Aceh

Share this article
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari. Foto: Ist
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memberi kelonggaran untuk Paniai, Papua Tengah dan Simeulue, Aceh menggelar pemungutan suara susulan (PSS) melampaui batas waktu yang ditetapkan.

Pasal 373 UU Ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan bahwa pemungutan suara ulang di TPS dilaksanakan paling lama 10 hari setelah hari pemungutan suara berdasarkan keputusan KPU Kabupaten/Kota.

“Batas waktunya 10 hari setelah hari pemungutan suara. Akan tetapi nanti ada beberapa daerah yang mengalami lex specialis, karena transportasi pengiriman logistik yang terlambat,” ujar Anggota KPU RI Idham Holik saat konferensi pers di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Baca Juga  Bawaslu Sampaikan Santunan Kepada Keluarga 2 Panitia Pengawas Pemilu yang Meninggal di Bone

Diketahui, pemungutan suara atau pencoblosan Pemilu 2024 digelar pada tanggal 14 Februari 2024, sehingga batas waktu pemungutan suara ulang Pemilu 2024 adalah 24 Februari 2024 atau 10 hari setelah pemungutan suara serentak.

Idham menjelaskan perlakuan khusus tersebut hanya diberikan kepada wilayah-wilayah yang secara geografis bervariasi. Contohnya, logistik untuk 92 TPS di Paniai yang akan menggelar PSS baru diterbangkan ke Papua Tengah, Jumat (23/2) pagi.

“Kita ketahui penerbangan ke Papua Tengah harus transit di Jayapura, lalu terbang. Lalu, masih ada kegiatan sortir lipat (surat suara). Ini membutuhkan waktu,” katanya.

Baca Juga  Pastikan Ikuti Kode Etik, Bawaslu Ingatkan Panwas LN Perdalam Regulasi Pemilu

Hal serupa pun terjadi di pemungutan suara susulan di Simeulue, Aceh. Idham mengatakan saat ini logistik PSS di wilayah itu masih berada di Banda Aceh.

Diketahui, untuk mencapai Simeulue, diperlukan pelayaran paling cepat 12 jam. Sebab itu, PSS di Simeulue kemungkinan akan digelar pada 25 Februari 2024.

“Logistiknya sudah ada, belum lagi butuh waktu pengemasan,” pungkas Idham.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300