HeadlineInfografisNasional

Siskamling, Warisan Presiden Soeharto yang Efektif Tekan Kriminalitas

1440
×

Siskamling, Warisan Presiden Soeharto yang Efektif Tekan Kriminalitas

Share this article
Infografis kondisi kriminalitas
Infografis kondisi kriminalitas

G24NEWS.TV, JAKARTA – Angka kriminalitas yang tinggi hingga kini masih menjadi masalah masyarakat, baik di desa maupun perkotaan, zaman pemerintahan Presiden Soeharto, digalakkan Siskamling atau Sistem Keamanan Lingkungan, sebuah program menekan kriminalitas berbasis komunitas.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu Siskamling dan dampaknya terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan.

Apa Itu Siskamling?

Siskamling adalah kebijakan keamanan yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Konsep ini dilaksanakan dengan mengorganisir warga setempat untuk membentuk pos jaga atau ronda malam, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di wilayah mereka.

Siskamling melibatkan kerjasama antara warga, kepolisian, dan instansi terkait untuk mencapai tujuan bersama dalam menciptakan lingkungan yang aman.

Kebijakan Siskamling memiliki dampak positif dalam menekan angka kriminalitas. Sebelum penerapan Siskamling, tingkat kejahatan cenderung tinggi dan fluktuatif. Namun, setelah implementasi kebijakan ini, terlihat tren penurunan yang signifikan dalam jumlah kejahatan yang dilaporkan.

Baca Juga  Real Count KPU: Prabowo-Gibran Menangkan Suara Sementara 56,72%

Hal ini menunjukkan bahwa Siskamling efektif dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi masyarakat.

Ini Manfaat Siskamling

Siskamling berdampak pada penekanan angka kriminalitas. Berikut penjelasannya:

1. Pencegahan Kejahatan

Keterlibatan aktif masyarakat dalam Siskamling mendorong adanya pengawasan yang lebih baik terhadap lingkungan sekitar. Keberadaan pos jaga dan ronda malam membantu mencegah tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan, atau vandalisme.

2. Peningkatan Kesadaran Masyarakat

Siskamling memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih memahami risiko kejahatan dan pentingnya kerjasama dalam menjaga keamanan. Melalui pertemuan rutin dan kampanye kesadaran, Siskamling meningkatkan partisipasi aktif warga dalam menjaga lingkungan.

3. Kolaborasi dengan Kepolisian

Kebijakan Siskamling memperkuat kerjasama antara warga dan kepolisian. Kepolisian dapat memberikan pelatihan, bantuan, dan saran kepada warga yang terlibat dalam Siskamling. Ini menciptakan jalinan komunikasi yang lebih baik antara masyarakat dan kepolisian, sehingga mempercepat respons terhadap kejadian kejahatan.

Baca Juga  Lodewijk F. Paulus: Wapres Berkantor Sepekan di Papua Guna Perpendek Rantai Komando

4. Perasaan Aman dan Solidaritas

Adanya Siskamling membuat masyarakat merasa lebih aman dan terlindungi. Warga yang tergabung dalam Siskamling saling menjaga satu sama lain, menciptakan ikatan solidaritas dalam komunitas. Ini dapat membangun hubungan sosial yang lebih kuat dan mengurangi perasaan takut akan kejahatan.

Siskamling telah terbukti sebagai upaya efektif dalam menekan angka kriminalitas. Melalui partisipasi aktif masyarakat, kebijakan ini mampu mencegah tindak kejahatan, meningkatkan kesadaran masyarakat, memperkuat kerjasama dengan kepolisian, serta menciptakan lingkungan yang lebih aman dan solidaritas yang lebih erat di dalam komunitas.

Penerapan Siskamling perlu dilanjutkan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan bersama, kita dapat mencapai masyarakat yang lebih aman dan bebas dari kejahatan.

 

banner 325x300