EkonomiHeadline

Airlangga Hartarto: Program Kartu Prakerja Sudah Dimanfaatkan 16,5 juta Peserta 

366
×

Airlangga Hartarto: Program Kartu Prakerja Sudah Dimanfaatkan 16,5 juta Peserta 

Share this article
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menggunakan baju kuning
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan kemungkinan penurunan harga BBM subsidi. (Foto Kemenko Perekonomian)

G24NEWS.TV, JAKARTA – Program Kartu Prakerja sejak diluncurkan pada 2022 lalu sudah memberi manfaat pada 16,4 juta peserta yang  didominasi kaum perempuan atau 51 persen, ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Sedangkan peserta dari kalangan penyandang disabilitas sebanyak 3%, yang menunjukkan bahwa program ini inklusif dan bermanfaat. 

“Program ini tidak hanya efektif dalam memberikan hasil yang baik, tetapi juga dengan biaya yang efisien,” ungkap Airlangga dalam webinar bertajuk Bringing 16.4 Million People Closer to Full and Productive Employment and Decent Work Using Digital Technology. Ini adalah kegiatan pendukung Sidang ke-61 Komisi Pembangunan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN CSocD-61 PBB) yang digelar di New York, Amerika Serikat, Jumat (10/2).

infografis program kartu prakerja 2023
infografis program kartu prakerja 2023

Program Kartu Prakerja, menurut Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini terbukti meningkatkan kompetensi, keterampilan dan produktivitas angkatan kerja yang menjadi peserta. Selain itu juga meningkatkan  daya saing peserta dengan mendorong pendidikan, kebekerjaan, serta memantik kewirausahaan. 

Fakta lain, kata Airlangga adalah seperti tiga dari jumlah penerima program Kartu Prakerja memiliki usaha kecil sendiri. 

Penggunaan Teknologi

Dari sisi penggunaan teknologi digital, program ini mampu memberikan kualitas dan kemudahan yang setara bagi seluruh peserta, termasuk dari kalangan perempuan dan penyandang disabilitas. 

“Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan UNESCO Institute for Lifelong Learning dan UN Women menyelenggarakan acara ini untuk membuka diskusi, berbagi pengalaman dan pembelajaran,” ujar Menko Airlangga.

Direktur UNESCO Institute for Lifelong Learning David Atchoarena saat membuka acara tersebut mengungkapkan bahwa Program Kartu Prakerja mendapatkan pengakuan internasional atas keberhasilan memanfaatkan teknologi digital. 

Baca Juga  Golkar Bekasi Optimistis Mampu Tambah Keterwakilan Perempuan di Legislatif

Program kartu prakerja juga menjadi  menjadi game changer atau membawa perubahan besar dalam upaya meningkatkan pembelajaran bagi orang dewasa di luar pendidikan formal.

Program Kartu Prakerja 2023 Sudah Buka Pendaftaran 

Sementara itu Program Kartu Prakerja 2023 sudah mulai buka pendaftaran. Hal ini diumumkan oleh akun instagram @prakerja.go.id pada Jumat (3/2). 

SEGERA DAFTAR SEKARANG untuk kamu yang belum memiliki akun Kartu Prakerja!

Untuk kamu yang benar-benar ingin belajar, lakukan pendaftaran dari sekarang supaya kamu tinggal klik “Gabung Gelombang” saat Gelombang 48 dibuka untuk mengikuti seleksi ya Sob!  Siapa aja nih yang udah daftar dan siap belajar? Comment “#JadiBisa Belajar!” yuk di bawah!

Tapi sayangnya, pembukaan itu hanyalah pembuatan akun Prakerja, bukan dimulainya pelatihan. Tapi jangan khawatir, pendaftaran program Kartu Prakerja 2023 gratis alias tanpa biaya. 

Warga yang berminat mengikuti Program Kartu Prakerja 2023 bisa membuat akun di  web resmi www.prakerja.go.id. Tidak ada tidak ada tahap pre-registrasi maupun pendaftaran manual. Selain itu juga tidak ada kewajiban membuka rekening dari institusi manapun, termasuk ketentuan saldo minimum.

Berikut ini cara daftar Kartu Prakerja 2023 menurut laman prakerja.go.id : 

  • Buka laman www.prakerja.go.id. Pilih garis tiga di pojok kanan atas, dan klik menu “Daftar Sekarang”. 
  • Masukkan alamat email dan kata sandi. 
  • Isi nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir, kemudian klik “Lanjut”. 
  • Lengkapi data diri dan pastikan data diri sudah sesuai. 
  • Saat memasukkan alamat sesuai KTP, pastikan alamat sama persis dengan kolom alamat di KTP. Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung sudah sesuai. 
  • Verifikasi e-KTP dengan cara mengunggah foto e-KTP. Tunggu sebentar sampai sistem selesai memverifikasi foto KTP diunggah. 
  • Kemudian, lakukan verifikasi dengan cara scan (pindai) wajah sambil berkedip.
  • Jawab beberapa pertanyaan mengenai alasan mengikuti Kartu Prakerja, serta minat dan keterampilan pelatihan. 
  • Jika telah selesai, selanjutnya verifikasi nomor ponsel dengan pilih “Kirim OTP”. 
  • Masukkan kode OTP yang didapat via SMS ke nomor ponsel, dan klik “Verifikasi”. 
  • Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu dan ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD). 
  • Setelah mengikuti TKD, pendaftaran akun Prakerja 2023 pun berhasil. 
Baca Juga  Pengumuman Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 48 Sudah Ada, Segera Cek Ya
Langkah mudah pendaftaran Kartu Prakerja 2023
Langkah mudah pendaftaran Kartu Prakerja 2023

Bagi masyarakat yang ingin daftar program Kartu Prakerja 2023, berikut ini syarat yang harus dipenuhi: 

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas. 
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. 
  • Bukan pejabat negara, pimpinan, dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD. 
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

 

 

banner 325x300