Nasional

Informasi Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja 2023, Kapan dan Tips Lolos Seleksi, Simak di Sini   

329
×

Informasi Pembukaan Pendaftaran Kartu Prakerja 2023, Kapan dan Tips Lolos Seleksi, Simak di Sini   

Share this article
Informasi tentang Kartu Prakerja 2023
Informasi tentang Kartu Prakerja 2023

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja 2023 atau gelombang 48 sudah di depan mata, kapan waktunya dan tips lolos seleksi akan kita bahas di artikel ini.
Komitmen untuk membuka pendaftaran Kartu Prakerja 2023 pada triwulan pertama tahun ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Komite Cipta Kerja, Airlangga Hartarto.
Meski tidak mengungkapkan jadwal pendaftaran Kartu Prakerja 2023 dengan detail, namun dia memberikan gambaran bahwa program ini akan segera dimulai. Pemerintah memutuskan akan membuka Kartu Prakerja Gelombang 1 2023 pada Rapat Komite Cipta Kerja tentang Rencana Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Skema Normal Tahun 2023 pada Kamis 5 Januari 2023.
Kartu Prakerja 2023 akan dibuka untuk 1 juta orang peserta. Warga yang bisa mengikuti program ini berusia 18-64 tahun, mereka dianggap masih dalam rentang usia produktif.
Sedangkan dana untuk program kartu prakerja 2023 yang sebentar lagi buka pendaftaran adalah Rp2,67 triliun untuk sebanyak 595.000 orang peserta. Sedangkan sebanyak 405.000 peserta yang lain akan dimasukkan dalam Kartu Prakerja 2023 tahap kedua dengan dana Rp1,7 triliun.
Peserta Kartu Prakerja ini akan mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta, ujar Menteri Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golkar ini. Jumlah insentif yang diterima sekarang lebih besar dari sebelumnya yang hanya Rp3,5 juta tiap peserta. Alokasi dana itu untuk Biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, Transportasi dan internet Rp600.000 serta insentif survey Rp100.000.
“Program Kartu Prakerja berlanjut pada tahun 2023 dengan pelaksanaan skema normal yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga  Program Kartu Prakerja 2023 Segera Buka, Simak Syarat dan Cara Jadi Peserta di Sini
infografis program kartu prakerja 2023
infografis program kartu prakerja 2023

Ciri Khusus Kartu Prakerja 2023

Berikut ini ciri khusus kartu prakerja 2023 yang berbeda dengan tahap-tahap sebelumnya. Tahun ini menggunakan skema normal, sedangkan sebelumnya menggunakan skema semi-bansos.

Fokus Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja
Kartu Prakerja sebelumnya berjalan dengan skema semi-bantuan sosial (Bansos). Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja sekaligus misi bantuan sosial yaitu meningkatkan daya beli masyarakat yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Tapi sekarang ini, kartu prakerja hanya fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Terbuka untuk Penerima Bansos

Pendaftaran kartu prakerja 2023 boleh diikuti oleh warga yang sudah menerima bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya. Ini karena program tersebut bukan bansos lagi, namun murni sebagai peningkatan kompetensi masyarakat.

Bantuan Rp4,2 Juta

Nilai bantuan untuk Program Kartu Prakerja 2023 akan mencapai Rp4,2 juta dengan rincian bantuan biaya pelatihan Rp3,5 juta, biaya pengganti transportasi dan internet Rp600 ribu, serta insentif pengisian survei Rp100 ribu.

Pelatihan luring (offline), daring (online), dan bauran

Program Kartu Prakerja 2023 mulai melaksanakan kegiatan luring dan bauran di 10 provinsi untuk tahap pertama yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, NTT, Bali, Papua, Kalimantan Barat, Sumatera Utara.

Pelatihan via Webinar

Pelatihan online dalam Kartu Prakerja 2023 yang berjalan dengan skema normal dilangsungkan dalam bentuk webinar secara langsung, sehingga tidak hanya menampilkan video semata.

Standar minimal waktu pelatihan

Sepanjang 2020-2022 waktu minimal pelatihan hanya 6 jam saja. Mulai tahun ini waktu minimal ini ditingkatkan menjadi 15 jam.
“Standar waktu pelatihan menjadi lebih panjang untuk memastikan ilmu yang didapat penerima manfaat betul-betul menyeluruh dan semakin berkualitas.” Demikian penjelasan dalam infografis yang diunggah akun Instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.id pada Kamis 19 Januari 2023.

Baca Juga  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 52 Akan Segera Dibuka, Simak yuk Cara Agar Lolos

Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja

Kemungkinan besar cara pendaftaran Kartu Prakerja 2023 gelombang 1 sama dengan apa yang berlaku pada periode sebelumnya. Maka, kita perlu disimak cara daftar Kartu Prakerja yang dirangkum dari periode lalu.
Berikut langkah-langkah pendaftaran Kartu Prakerja:

  1. Masuk atau login dulu ke dashboard Prakerja di www.prakerja.go.id.
  2. Klik pilihan “Gabung Gelombang”. Kamu harus bikin dengan mengisi username dan password dan mengikuti arahan yang diminta, jika belum punya akun sebelumnya.
  3. Jika bisa login, lanjut klik, “Gabung Gelombang”. Klik di pilihan gelombang yang sedang dibuka.
  4. Siapkan kartu identitas untuk melengkapi data diri seperti unggah foto KTP asli, kartu keluarga (KK), nomor HP, dan data diri lainnya untuk diverifikasi.
  5. Siapkan diri untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  6. Setelah beres, tunggu sampai dengan pengumuman peserta yang lolos.

Berikut ini tips yang perlu kalian perhatikan ketika melakukan pendaftaran Kartu Prakerja:

  1. Apakah KTP kalian buram sehingga data tidak bisa diekstrak?
  2. Apakah informasi yang kalian sudah tepat?
  3. Apakah teknik kalian mengambil selfie sudah benar?
  4. Apakah kalian menggunakan aksesoris saat selfie, termasuk kacamata?

Demikian informasi tentang pembukaan Kartu Prakerja 2023 gelombang 1 dan tips lolos seleksi saat melakukan pendaftaran. Semoga beruntung.

banner 325x300