Nasional

Kartu Prakerja 2023 atau Gelombang 48, Ini Jadwal Buka Pendaftaran

255
×

Kartu Prakerja 2023 atau Gelombang 48, Ini Jadwal Buka Pendaftaran

Share this article
Kartu Prakerja 2023
Kartu Prakerja 2023

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kartu Prakerja 2023 atau gelombang 48 akan buka pendaftaran pada triwulan I/2022 atau Januari hingga Maret tahun ini, tapi informasi lebih lanjut pantau terus akun media sosial prakerja.go.id. 

Kartu prakerja 2023 dipastikan segera buka pendaftaran karena sudah ada komitmen pemerintah untuk melanjutkan program ini. Meski demikian, ada beberapa perbedaan antara Kartu Prakerja 2023 atau gelombang 48 dengan program-program sebelumnya. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa program kartu prakerja 2023 atau gelombang 48 yang segera buka pendaftaran akan membuka kuota pada 1 juta orang angkatan kerja tahun ini. Selain itu kartu prakerja juga akan menggunakan skema normal, yang fokus pada peningkatan keterampilan angkatan kerja mulai umur 18-64 tahun. 

Sejak dibuka pada 2020, program kartu prakerja dijalankan dengan skema semi bansos untuk mendongkrak daya beli masyarakat yang sedang dilanda pandemi COVID-19. 

 

Menurut Menteri Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golkar ini, masing-masing peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta. Jumlah ini lebih besar dari insentif sebelumnya yang hanya Rp3,5 juta untuk tiap peserta.

Dana itu akan digunakan untuk Biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, Transportasi dan internet Rp600.000 serta insentif survey Rp100.000.

Pelatihan Program Prakerja 2023 Penting untuk Angkatan Kerja 

Pemerintah kembali menggelar program Kartu Prakerja 2023 atau gelombang 48 ini dengan berbagai alasan.  Salah satunya pelatihan ini penting bagi angkatan kerja di tengah situasi dunia yang dilanda ketidakpastian dan ancaman resesi ekonomi. Karena itu, angkatan kerja perlu menambah keterampilan sembari Indonesia bersiap menghadapi situasi dunia.

Program Kartu Prakerja merupakan wadah bagi angkatan kerja untuk menambah pengetahuan, tidak hanya bagi yang belum mendapatkan pekerjaan tetapi juga untuk menambah keahlian bagi yang sudah bekerja.

“Tambahlah ilmu, dalam hal ini fungsi Program Kartu Prakerja bukan hanya untuk pengangguran tetapi juga untuk menambah skill bagi mereka yang sudah bekerja, juga bagi mereka yang masih baru lulus dan mencari kerja.”

Informasi soal kartu prakerja 2023
Informasi soal kartu prakerja 2023 atau gelombang 48

Berikut ini cara daftar Kartu Prakerja 2023 atau gelombang 48 

  • Buka laman dashboard.prakerja.go.id/daftar
  • Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi. Klik ‘Daftar’
  • Lakukan verifikasi dengan membuka notifikasi pada email
  • Jika sudah terverifikasi, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada laman dashboard.prakerja.go.id
  • Masuk ke dashboard, kemudian verifikasi KTP dan KK
  • Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto Anda
  • Verifikasi nomor telepon, lalu klik ‘Kirim’
  • Isi deklarasi survei
  • Terakhir, ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.
  • Setelah Anda telah daftar atau membuat akun, Anda bisa masuk atau login ke dashboard Prakerja. Berikut cara login Prakerja
  • Masuk ke laman prakerja.go.id
  • Klik “Masuk” yang ada di bagian menu yang terletak di bagian kanan atas laman.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  • Selesai, kamu telah masuk di dashboard Prakerja
  • Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  • Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang juga didaftarkan untuk akun rekening/e-wallet yang akan dipilih untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

 

 

banner 325x300
Baca Juga  Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 50 Buka Tanggal Ini, Simak Jadwal dan Cara Lolos Seleksi