Internasional

Pembuat Serial Edukasi Anak “Sesame Street” Lloyd Morrisett Meninggal Dunia

280
×

Pembuat Serial Edukasi Anak “Sesame Street” Lloyd Morrisett Meninggal Dunia

Share this article
Lloyd Morrisett bersama dengan teman-temannya
Pembuat serial Sesame Street, Lloyd Morrisett meninggal dunia. (Foto muppet.fandom)

G24NEWS.TV, JAKARTA – salah satu co-creator serial edukasi “Sesame Street” yang telah ditonton jutaan anak-anak di dunia, Lloyd Morrisett meninggal dunia dalam usia 93 tahun. 

Meninggalnya Morrisett pertama kali diumumkan pada Selasa oleh Sesame Workshop, organisasi nirlaba yang ia bantu dirikan bersama dengan Children’s Television Workshop. 

“Sesame Workshop berduka atas meninggalnya pendiri yang kami hormati dan kami cintai, Lloyd N. Morrisett, PhD,  pada usia 93.” ujar unggahan Twitter @sesameWorkshop  

“Seorang Wali Kehormatan Seumur Hidup, Lloyd meninggalkan warisan yang sangat besar dan tak terhapuskan di antara generasi anak-anak di seluruh dunia,” tulis Sesame Workshop dalam pernyataannya di Twitter. 

 

Baca Juga  Indonesia Kecam Serangan Militer Israel di Jenin, Tepi Barat, Sebut akan Hambat Perdamaian

Joan Ganz Cooney, rekan Lloyd Morrisett yang sama-sama membuat Sesame Street, mengatakan bahwa Morrisett merupakan seorang yang pertama kali memiliki gagasan untuk mengajarkan keterampilan dasar anak-anak prasekolah lewat televisi.

Dikutip dari The Guardian, lahir pada tahun 1929 di Oklahoma City, Morrisett awalnya dilatih menjadi seorang guru dengan latar belakang psikologi. Dia menjadi seorang pendidik eksperimental, mencari cara baru untuk mendidik anak-anak dari latar belakang yang kurang beruntung melalui pekerjaannya di Carnegie Corporation, sebuah yayasan filantropi yang berfokus pada pendidikan.

“Dia adalah mitra terpercaya dan teman setia saya selama lebih dari lima puluh tahun, dan dia akan sangat dirindukan,” kata Cooney dalam pernyataan tersebut.

T
tokoh-tokoh dalam serial edukasi Sesame Street. (Foto – varietycom)

 Sesame Street Program Edutainment Terbesar di Dunia

“Sesame Street” dikenal sebagai program edutainment terbesar di dunia yang mampu menjangkau puluhan juta anak dan keluarga di lebih dari 140 negara setiap tahunnya. Serial anak ini memenangkan lima penghargaan Peabody Awards dan hampir 200 penghargaan Emmy. 

Baca Juga  Kroasia, Argentina Pastikan Tiket ke Semifinal Piala Dunia 2022

Selain “Sesame Street”, Sesame Workshop juga membuat acara lain termasuk program edutainment “The Electric Company” yang didirikan oleh Morrisett bersama Joan Ganz Cooney, dan Paul Dooley.

“Sesame Street” memulai debut pada November 1969 dan ditonton lebih dari setengah dari 12 juta anak di Amerika Serikat berusia tiga hingga lima tahun di akhir musim pertamanya. Sesame Street kini menjadi satu-satunya sumber pendidikan informal terbesar di dunia, menjangkau jutaan anak di lebih dari 140 negara setiap tahun, dan memenangkan hampir 200 Emmy. 

 

 

banner 325x300