Karya dan Gagasan

Perempuan Tionghoa Indonesia Maju Deklarasi Dukungan untuk Prabowo-Gibran

18
×

Perempuan Tionghoa Indonesia Maju Deklarasi Dukungan untuk Prabowo-Gibran

Share this article
Relawan Perempuan Tionghoa untuk Indonesia Maju
Relawan Perempuan Tionghoa untuk Indonesia Maju mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024/RMOL

G24NEWS.TV, JAKARTA – Relawan Perempuan Tionghoa untuk Indonesia Maju deklarasi dukungan kepada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Ketua Perempuan Tionghoa untuk Indonesia Maju, Emma Elizabeth, mengatakan pihaknya yakin Prabowo memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

“Kami merasa inilah saatnya kami sebagai warga negara Indonesia harus ikut berperan aktif. Ingin Indonesia jadi ibu yang baik bagi seluruh anak bangsa. Kami ingin membangun Indonesia maju bersama Prabowo-Gibran,” kata Emma di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/2).

Emma mendorong Prabowo-Gibran melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia juga berharap Prabowo dapat melanjutkan program pemerintah saat ini.

“Kami melihat dan merasakan selama masa bakti Bapak Jokowi kita dapat merasakan banyak hal yang maju, banyak hal menjadi baik. Keamanan, kedamaian, toleransi, UMKM, hingga infrastruktur sudah maju. Kami yakin semua kebaikan ini akan dilanjutkan oleh Prabowo-Gibran,” kata Emma.

Deklarasi dukungan Perempuan Tionghoa untuk Indonesia Maju secara resmi diterima Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Grace Natalie. Grace mengapresiasi dukungan dari perempuan Tionghoa tersebut.

Baca Juga  Nusron Wahid Minta Boyolali dan Wonogiri Diperkuat Meraih Suara untuk Prabowo-Gibran

“Dukungan ini sangat spesial karena dibawakan perempuan Tionghoa. Kalau ibu-ibu sudah turun, saya yakin selesai semuanya,” kata Grace.

Keterlibatan Perempuan

Grace menyoroti pentingnya keterlibatan perempuan, khususnya perempuan Tionghoa, dalam politik masih menjadi minoritas. Dia menyinggung masih ada trauma masa lalu yang dirasakan keturunan Tionghoa terhadap politik.

“Deklarasi hari ini berarti ada pernyataan sikap untuk tidak hanya menjadi objek politik. Tapi perempuan Tionghoa menjadi subjek aktif dan mandiri untuk ikut serta dalam pembangunan menuju Indonesia maju,” kata Grace.

Grace mengimbau para perempuan Tionghoa membantu mengampanyekan visi misi Prabowo-Gibran kepada orang-orang terdekat. Dia juga mengajak mereka berpartisipasi saat hari pencoblosan mendukung Prabowo.

“Semoga di sisa hari kampanye ini dukungan dari perempuan Tionghoa bisa mempertebal kemenangan Prabowo-Gibran. Tolong ibu-ibu dipastikan 14 Februari berangkat ke TPS. Kita ajak yang masih ragu, yakinkan bahwa program kerja paslon 02 yang paling berkomitmen terhadap perempuan,” kata Grace.

Pemilih Perempuan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan, daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 sebanyak 204,81 juta jiwa. Jumlah itu terdiri dari 102,58 juta pemilih perempuan dan 102,21 juta pemilih laki-laki.

Baca Juga  Dari Mimpi Besar Sampai Hasil Nyata, Kisah Inspiratif 7 Tokoh Bisnis

Menurut wilayahnya, pemilih perempuan paling banyak berasal dari Jawa Barat, yakni 17,75 juta jiwa. Posisinya diikuti oleh pemilih perempuan di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang masing-masing sebanyak 15,9 juta jiwa dan 14,17 juta jiwa, seperti dikutip dataindonesia.id

Kemudian, ada 5,49 juta pemilih perempuan di Sumatera Utara. Sebanyak 4,38 juta pemilih perempuan juga berada di Banten untuk Pemilu 2024.

Untuk laki-laki, jumlah pemilih paling banyak juga berada di Jawa Barat, yakni 17,95 juta jiwa. Setelahnya ada Jawa Timur dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 15,49 juta jiwa.

Ada pula 14,11 juta pemilih laki-laki di Jawa Tengah. Lalu, jumlah pemilih laki-laki di Sumatera Utara dan Banten berturut-turut sebanyak 5,36 juta jiwa dan 4,46 juta jiwa.

Adapun, pemilih perempuan dan laki-laki paling sedikit berada di Papua Selatan. Jumlahnya masig-masing di provinsi baru tersebut sebanyak 176.959 jiwa dan 190.310 jiwa.

 

Editor: Lala Lala/Junita Sianturi

banner 325x300