HeadlineNasional

Survei: Peluang Airlangga Hartarto di Pilpres 2024 Tetap Tinggi

294
×

Survei: Peluang Airlangga Hartarto di Pilpres 2024 Tetap Tinggi

Share this article
airlangga hartarto kartun
airlangga-hartarto-kartun

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hasil survey dari Laboratorium Suara Indonesia (LSI) menunjukkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi tokoh terfavorit jika maju sebagai calon presiden 2024 mendatang.

Dalam survei tersebut Airlangga mendapatkan elektabilitas sebesar 12,8%, mengungguli Prabowo Subianto yang meraih 11,3% dan Puan Maharani di posisi ketiga dengan keterpilihan 10,1%.

Direktur Eksekutif LSI Albertus Dino mengatakan survey dilakukan dengan metode field study dengan wawancara mendalam. Survei berjudul “Preferensi dan Persepsi Masyarakat Jika Pemilu Digelar Hari” digelar pada 23 November – 8 Desember.

Menurut Albertus, survey melibatkan 2.160 responden yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah tersebar di 1.070 kecamatan di 34 provinsi di Indonesia. Latar belakang responden bermacam-macam seperti PNS, pelaku usaha, dosen dan mahasiswa, buruh, ibu rumah tangga, sopir angkot/bus, wiraswasta/pengusaha, dan petani.

Baca Juga  Cawapres Prabowo Subianto akan Ditentukan Bersama, Tidak Sepihak 

Tertarik dengan kinerja tokoh

“Alasan terbesar responden memilih ketiga tokoh ini adalah tertarik dengan karya-karya masa lalu tokoh bakal capres atau prestasi dan kinerja yang sudah dirasakan masyarakat,” ujar Albertus.

Menurut dia, sebanyak 81,3 persen responden menginginkan capres yang memiliki reputasi baik di mata pemilih dan mampu menciptakan komunikasi dua arah dengan pemilih. Responden juga menginginkan capres mampu mewujudkan apa yang menjadi harapan dari pemilihnya.

“Reputasi positif yang dimiliki bukan terletak pada pencitraan, tetapi sikap dan tindakannya. Dia bukan hanya seorang komunikator yang baik tetapi juga seorang pelaksana yang baik,” ujar dia.

“Apa yang dijanjikan selalu ditepati dan kebijakan yang diambilnya selalu mempertimbangkan kepentingan banyak orang,” kata Albertus.

Terkait preferensi pilihan terhadap ideologi partai politik, hasil penelitian cenderung memilih partai berideologi nasionalis religius di tempat pertama, kemudian disusul nasionalis dan di urutan terakhir adalah religius.

Baca Juga  Survei LSI: Warga NU dan Muhammadiyah Lebih Sukai Prabowo Subianto 

Kerja keras Airlangga

Pengamat politik Ujang Komaruddin mengatakan tingginya elektabilitas Airlangga Hartarto karena masyarakat menghargai kinerjanya sebagai Menteri Koordinator Perekonomian yang berhasil memimpin tim melewati badai ekonomi saat pandemi COVID-19.

Elektabilitas yang tinggi ini menurut dia seharusnya membuat Partai Golkar terus konsisten mengusung Airlangga sebagai capres, termasuk menggolkannya sebagai capres di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). “Itu jadi modal Airlangga maju bersama KIB untuk menang Pilpres 2024,” ujar dia.

Pengamat Politik dari Universitas Mulawarman Kalimantan Timur Sonny Sudiar mengatakan hasil survei ini harusnya membuat KIB berusaha terus menaikkan elektabilitas Airlangga. Menurut dia KIB harus konsisten mengusung capres dari anggota koalisi.

 

 

 

 

banner 325x300