Nasional

Pandemi Bisa Dikendalikan, Presiden Jokowi: Aktivitas dan Ekonomi Segera Pulih

230
×

Pandemi Bisa Dikendalikan, Presiden Jokowi: Aktivitas dan Ekonomi Segera Pulih

Share this article
WhatsAppImageat..
WhatsApp-Image-2022-12-03-at-18.55.28

G24NEWS.TV, SEMARANG — Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja para guru yang telah mengalami masa-masa berat selama masa pandemi COVID-19.

Para guru,  menurut Presiden Jokowi harus melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) dan menghadapi berbagai keterbatasan. Karena itu, Presiden Jokowi  bersyukur kini pandemi telah bisa dikendalikan sehingga aktivitas dan ekonomi bisa kembali pulih.

BACA JUGA: Jokowi Minta Guru Beradaptasi dengan Teknologi Pendidikan

“Alhamdulillah karena vaksin yang telah disuntikkan kepada masyarakat sebanyak 440 juta suntikan vaksin yang kita berikan, pandemi COVID-19 bisa kita kendalikan dan ekonomi juga bisa kembali pulih seperti sebelum Covid. Ini yang patut kita syukuri,” kata Presiden dalam Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 yang digelar di Marina Convention Center, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Baca Juga  Pemerintah Longgarkan Larangan Pedagangan Pakaian Bekas, Masih Boleh Jualan Jelang Lebaran

Selain itu, Presiden Jokowi juga menjelaskan bahwa di tengah arus perubahan yang sangat cepat, para guru dituntut untuk meningkatkan kapasitas, mampu beradaptasi dengan teknologi pendidikan yang makin canggih.

Para guru, lanjut Presiden Jokowi juga mengimbau harus menguasai pengetahuan dan keterampilan yang baru dan relevan dengan tantangan dan kebutuhan dunia yang berubah dengan cepat.

Apalagi, kata Presiden, pandemi dan berbagai krisis global turut mempercepat digitalisasi. “Oleh sebab itu, saya minta sekali lagi, update informasi itu sangat dibutuhkan agar anak didik kita juga bisa kita berikan informasi yang terkini,” imbuhnya.

Baca Juga  Menko Airlangga Sebut Kereta Cepat Tanggung Kalau Hanya Sampai Bandung

BACA JUGA: Airlangga Minta Kadin Percepat Transformasi Digital di Indonesia

Dengan kondisi tersebut, Presiden menyebut bahwa pemerintah pun terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan guru melalui berbagai program, yaitu Program Merdeka Belajar, Program Merdeka Mengajar, dan Program Guru Penggerak.

Di satu sisi, Presiden menekankan bahwa program utama pemerintah adalah melakukan transformasi pendidikan untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di seluruh pelosok Tanah Air.

“Selamat Hari Ulang Tahun PGRI yang ke-77 dan selamat Hari Guru Nasional dan terima kasih kepada para guru yang telah bekerja dengan dedikasi terbaik dan terima kasih telah mendidik generasi penerus bangsa untuk selalu mencintai bangsa, negara, dan tanah air Indonesia,” ucap Presiden.

banner 325x300